Edukasi Keselamatan, Siswa PAUD Al Azhar Berkunjung ke Kapal SAR

POPULARITAS.COM – Kapal Search And Rescue (SAR) KN Kresna 232 yang berlabuh di Pelabupan Penyeberangan Ulee Lheue, Banda Aceh kedatangan tamu seratus siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Al Azhar Kairo Banda Aceh, Kamis (25/1/2018).

Siswa PAUD tersebut langsung disambut oleh kapten KN Kresna 232 Supriyadi dan langsung memberikan edukasi tentang SAR. Supriyadi memperkenalkan sejumlah peralatan keselamatan selama pelayaran, seperti jaket pelampung, skoci dan beberapa peralatan lainnya saat sedang melaksanakan operasi penyelamatan.

Bersama guru yang mengawasi siswa PAUD tersebut, mereka diperbolehkan naik ke skoci dibantu oleh personel SAR. Kemudian seluruh murid dibagi dua gelombang masuk ke ruang penumpang hingga ke ruang anjungan tempat mengemudi kapal tersebut.

“Kita sekarang masuk dalam ruang anjungan, ruang tempat membawa kapal, jangan pegang alat-alatnya ya anak-anak, nanti kapal jalan sendiri kalau dipegang,” kata Supriyadi sembari berseloroh bersama ratusan anak-anak PAUD.

Petugas SAR pun menjelaskan satu per satu fungsi peralatan dalam kapal tersebut. Petugas juga menunjukkan benda kecil dalam anjungan, lalu menjelaskan benda itu sebagai alat mengemudi untuk menggerakan kapal ke kiri dan ke kanan.

Anak-anak yang masih berusia 2 sampai 3 tahun ini antusias mendengar penjelasan petugas SAR. Setelah itu, semua anak PAUD keluar dari anjungan dan giliran kelompok kedua masuk. Dibagi dua karena ruang anjungan terbatas.

“Dalam kunjungan ini kami memperkenalkan kepada anak-anak pelampung keselamatan dan sejumlah alat teknologi yang dipergunakan kapal ini,” kata Supriyadi.

Kata Supriyadi, ini merupakan program rutin SAR Banda Aceh untuk memberikan pendidikan kepada siswa, tidak hanya PAUD, tetapi TK hingga mahasiswa.

“Ini dilakukan agar mereka tau fungsi SAR dan bagaimana kerja SAR, terlebih kita daerah rawan segala bencana dan sering terjadi kecelakaan laut,” terangnya.

Sementara itu Bunda PAUD Al Azhar Kairo Banda Aceh, Dewi Sartika mengatakan, ini memang merupakan program PAUD Al Azhar Kairo untuk memperkenalkan kepada anak-anak tentang keselamatan laut pada tahun ini.

Sedangkan tahun lalu, sebut Dewi yang biasa disapa Bunda PAUD, pihaknya juga telah memperkenalkan keselematan darat dan udara. “Untuk tahun ini kita temanya memperkenalkan kepada anak tentang keselamatan laut, makanya kita ke kapal ini,” jelas Bunda PAUD.

Program ini, sebutnya, akan terus berlanjut mengingat Aceh merupakan daerah rawan terhadap berbagai bencana. Sehingga penting untuk diberikan pemahaman kepada anak-anak sejak dini pengetahuan tentang keselamatan.

“Saya memandang sangat penting untuk kita berikan edukasi kepada anak-anak tentang keselamatan ini,” tukasnya.[acl]

-ads-

-ads-

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.