HeadlineNews

Dua Toko Terbakar di Jalan Kartini, Banda Aceh

– Dua unit toko di Jalan Kartini, Gampong Peunayong, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh terbakar pada Jumat (4/12/2020) dini hari sekitar pukul 03.30 WIB.

Dua toko tersebut adalah UD Putra IDR milik Mahdi (47) dan toko UD Karona milik Ridwan (60). Kedua toko ini masing-masing menjual kue, plastik, bahan dapur dan sayur mayur.

“Pemilik toko UD Putra IDR tidak tinggal di toko saat kejadian, sementara toko UD Karona ada pemiliknya,” ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh, Rizha dalam keterangannya, Jumat (4/12/2020).

Ia menjelaskan, kebakaran tersebut awalnya diketahui oleh pemilik toko UD Karona Ridwan. Ia merasakan panas saat sedang terlelap tidur bersama keluarga.

“Saat ia dan keluarga keluar dari kamar toko terlihat cahaya yang ternyata api sedang membakar bahan-bahan jualannya di lantai bawah,” jelas Rizha.

Setelah melihat api, sambung Rizha, Ridwan dan keluarga langsung keluar dari toko dan meminta bantuan warga sekitar untuk menghubungi pihak pemadam kebakaran.

Lima menit berselang, katanya, satu unit armada pemadam kebakaran dari DPKP Banda Aceh tiba di lokasi kejadian. Tak lama berselang, 6 unit armada lainnya kembali tiba di lokasi kejadian untuk memadamkan api.

“Jumlah armada 7 unit, sekiranya pukul 04.30 WIB api dapat dipadamkan, selanjutnya dilakukan upaya pendinginan. Setelah kondisi aman terkendali armada kembali ke posnya pukul 06.30 WIB,” sebut Rizha.

Ia menambahkan bahwa proses pemadaman tersebut jug dibantu PLN, relawan ERPA, RAPI, Polsek Kuta Alam dan diback up Polresta Banda Aceh serta Koramil setempat.

“Sampai laporan ini diturunkan tidak ada korban jiwa dan penyebab kebakaran masih dalam penyidikan pihak kepolisian,” pungkasnya. []

Editor: Acal

Shares: