Iklan pemutihan kendaraan – Pemerintah Aceh

Dua Spot Surfing di Kepulauan Banyak yang Digemari Peselancar

ACEH SINGKIL (popularitas.com) – Mengenai destinasi wisata bahari di Provinsi Aceh memang tidak ada habisnya. Setelah Sabang, Potensi wisata di Kepulauan Banyak juga cukup di perhitungkan.

Kepulauan Banyak terdiri dari gugusan pulau-pulau yang berjumlah 63 pulau yang terletak diantara dua Kecamatan, yaitu Kecamatan Pulau Banyak dan Kecamatan Pulau Banyak Barat, Kabupaten Aceh Singkil.

Tempat ini bagaikan perawan, karena keindahan alamnya yang masih alami, natural, jarang dijamah dan hampir semua gugusan Kepulauan Banyak memiliki pantai berpasir putih bersih dan memiliki air laut jernih, saking jernihnya pemandangan bawah laut bisa dinikmati dari permukaan laut tanpa harus menyelam. Apalagi pulau-pulau tersebut sebagian besar tidak berpenghuni.

Hanya beberapa pulau yang dihuni masyarakat seperti Pulau Banyak, Teluk Nibung, dan Pulau Tuanku. Selain itu, hanya resort-resort sederhana dan bungalow tempat menginap yang dikelola oleh masyarakat setempat.

Meski belum terkenal, namun objek wisata Kepulauan Banyak sudah dikenal hingga mancanegara. Sebab selain wisatawan lokal, wisatawan mancanegara juga tidak pernah putus berada di wilayah kepulauan ini.

Wisatawan asing kerap memilih Kepulauan Banyak sebagai tujuan lokasi wisata dengan keindahan alam bawah lautnya, ombak laut yang memancing adrenalin untuk berselancar serta kemunculan penyu hijau di Pulau Bangkaru yang merupakan kawasan Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA).

Kemudian, untuk lokasi Surfing ada di Ujung Lolok dan Pulau Bangkaru. Lokasi ini menjadi primadona bagi wisatawan asing untuk berselancar.

Sebab, di sana ombak laut bertinggi rata-rata mencapai 5 Meter. Ombak itu datang setiap 1 menit sekali, terutama saat musim angin barat pada bulan April-Agustus.

Lokasi ini banyak dikunjungi kapal pesiar yang datang dari berbagai belahan Dunia. Mulai dari wisatawan asal Belanda, Rusia, Prancis, Amerika hingga dari Asia seperti Jepang.

Seperti Matt Girlardo (27), wisatawan asal Prancis ini mengetahui Kepulauan Banyak dari kerabatnya dan juga dari berbagai situs travel.

Ditanya tanggapannya, ia merasa takjub akan pesona alam di sana. Selain itu, kata dia, belum banyak orang sehingga sangat cocok untuk melepas penat dari kesibukan.

Bahkan ia juga memuju ganasnya ombak di dua lokasi tersebut. “Bisa dibilang ini lokasi surfing terbaik yang ada di kepulauan. Sangat jarang ada lokasi surfing di suatu pulau,” ujar Matt beberapa waktu lalu. Di pulau ini memiliki ombak jenis barel dengan durasi yang panjang. (DRA)

-- ads Maklumat bersama Forkopimda Aceh --

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
loading...