HeadlineNews

Dua Sempati Star Terbakar di Terminal Batoh

POPULARITAS.COM – Dua unit bus Scania Sempati Star terbakar di Terminal Batoh, Kota Banda Aceh pada Sabtu (20/3/2021) sekitar pukul 15.00 WIB. Kebakaran diduga karena korseleting eletrik pendingin AC pada salah satu bus tersebut.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh, Rizha mengatakan, berdasarkan informasi diterima dari saksi, sumber api berasal dari bus Sempati Star nomor polisi BL 7977 AA. Bus ini berangkat dari Medan dan tiba pada pagi harinya.

“Dan setelah sampai pagi ini ada perbaikan di sistem eletrik pendingin AC namun kondisi bus tidak dihidupkan mesin,” kata Rizha dalam keterangannya, Sabtu (20/3/2021).

Kata Rizha, selang beberapa saat menjelang pukul 14.30 WIB, pekerja dan teknisi beristirahat. Tiba-tiba, dari warung nasi terlihat asap mengepul dari bus yang sedang dalam perbaikan tersebut. Lalu, api membesar dan menjalar ke bus di sampingnya yang sedang parkir dalam keadaan rusak atau mogok.

“Jadi ada dua bus yang terbakar. Para teknisi dan warga di sekitar panik dan meminta bantuan piket perhubungan menghubungi pihak pemadam kebakaran,” ucap Rizha.

Berdasarkan informasi kebakaran diterima via telepon darurat, kata Rizha, pihaknya menugaskan petugas piket bergerak mengerahkan armada pemadam 5 unit ke lokasi kejadian.

“Pemadam tiba pada pukul 15.05 WIB atau tiba di lokasi 5 menit setelah menerima pengaduan. Sekiranya pukul 15.40 WIB api dapat dipadamkan dan selanjutnya dilakukan upaya pendinginan, sehingga selesai bertugas armada kembali ke pos pukul 16.37 WIB,” jelasnya.

Rizha menyampaikan, proses pemadaman tersebut turut dibantu petugas PLN, Polsek Luengbata dan diback up Polresta Banda Aceh, personel Kodim, Koramil setempat, relawan ERPA dan RAPI.

“Tidak ada korban jiwa dan penyebab kebakaran diduga dari korseleting eletrik pendingin AC Bus namun perkembangan lanjutan masih dalam penyelidikan pihak kepolisian,” pungkasnya.

Editor: dani

Shares: