News

Dua mahasiswa USK juara II lomba menulis nasional

Uji kemahiran berbahasa Indonesia jadi syarat sidang sarjana di USK
Ilustrasi mahasiswa USK | foto: Humas USK

POPULARITAS.COM – Dua mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan dari Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala (USK) yaitu Zakiatul Yuna dan Wardatul Ullya berhasil mengharumkan nama USK di tingkat nasional.

Kedua mahasiswa ini berhasil meraih juara II pada kompetisi menulis tingkat nasional Universitas Lambung Mangkurat Nursing Competition (UNC).

Kedua mahasiswa angkatan 2020 USK tersebut menjadi juara pada dua katagori berbeda, yaitu Zakiatul Yuna untuk cerpen dan Wardatul Ullya untuk essai. Kedua katagori tersebut juga memiliki tema berbeda.

Untuk cerpen, temanya adalah “Up to Down Written by the Voice Of Nurse”. Zakiatul menjelaskan, dirinya menulis cerpen berjudul “Ditempa Rasa di antara Dua Cinta”, yang menceritakan kehidupan seorang perawat yang harus memilih mempertahankan cintanya pada ibu atau kepada pekerjaannya.

Lalu untuk essai dengan tema, “Nurses For Brilliant Future” yang merujuk pada masa depan perawat. Terkait tema ini, Ullya menulis essainya dengan judul “Self Efficacy To Become A Quality Nurse”.

Tulisan ini menceritakan konsep self efficacy, yang sangat penting untuk menumbuhkan keyakinan bagi perawat terhadap kemampuannya dalam mengambil tindakan.

Kedua mahasiswa ini pun menyampaikan rasa syukur atas keberhasilan mereka menjuarai kompetisi literasi yang diikuti oleh seluruh mahasiswa keperawatan di Indonesia tersebut.

Wakil Rektor III USK, Prof Mustanir, turut menyampaikan selamat dan rasa bangganya terhadap prestasi kedua mahasiswa USK tersebut.

Menurutnya, prestasi kedua mahasiswa ini patut menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya. Karena meskipun keduanya adalah mahasiswa keperawatan, namun mereka tetap mampu berprestasi pada bidang lainnya.

Mustanir menilai, kompetensi literasi seperti ini juga sangat penting bagi setiap mahasiswa. Mengingat kemampuan literasi tersebut mampu melatih mahasiswa untuk berpikir kritis, kreatif serta inovatif.

Selain itu dirinya mengungkapkan, dengan kemampuan literasi yang baik maka mahasiswa mengerti bagaimana semestinya mencerna informasi yang terhampar begitu bebasnya di era digitalisasi sekarang ini.

“Maka prestasi kedua mahasiswa USK ini, patut menjadi motivasi bagi semua mahasiswa, untuk terus meningkatkan kompetensi literasinya. Karena dengan pemahaman literasi yang baik, mampu menjadikan kita lebih bijak mencerna informasi,” ucapnya.

Shares: