HeadlineNews

Dua Desa di Simeulue Terendam Banjir

Ilustrasi banjir di dua desa di Simeulue terjadi pada Minggu pagi. Puluhan rumah dan lembaga pendidikan terendam air hingga saat ini | Foto: BPBA

BANDA ACEH (popularitas.com) – Banjir setinggi 100 centimeter melanda Desa Ujung Salang dan Desa Along Kecamatan Salang Kabupaten Simeulue, Minggu, 24 Maret 2019 sekitar pukul 05.00 WIB.

Informasi yang diterima dari Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), T Ahmad Dadek menyebutkan sebanyak 50 unit rumah penduduk dan dua unit gedung lembaga pendidikan dilaporkan terendam di Desa Ujung Salang. Sementara di Desa Along, sedikitnya 15 unit rumah penduduk, satu unit kantor kepala desa, dan satu unit rumah ibadah juga terimbas banjir.

Camat Kecamatan Salang, Buyung Ali Sardin membenarkan adanya banjir di kawasan tersebut pada Minggu pagi. Banjir tersebut terjadi di dua desa terpisah, yakni Desa Ujung Salang dan Desa Along.

“Banjir tersebut terjadi akibat hujan deras yang terjadi sejak pukul 05.00 WIB tadi. Hingga saat ini hujan masih mengguyur kawasan,” kata Buyung kepada popularitas.com.

Terjadinya banjir di Ujung Salang karena saluran pembuangan tersumbat. Akibatnya curah hujan tinggi membuat air meluap hingga ke rumah penduduk.

Buyung menyebutkan ada 74 rumah yang terendam banjir di dua desa terpisah tersebut. Sebanyak 59 rumah berada di Ujung Salang dan sisanya di Along.

“Di Ujung Salang itu sampai merendam dua unit sekolah, yaitu SMA 4 Salang dan SMP 3 Salang,” ujarnya.

Saat ini, pihak terkait telah mendirikan tenda darurat serta dapur umum. Sementara jumlah kerugian dan dampak akibat banjir masih dalam pendataan petugas.

“Kondisi air sudah mulai menurun, tetapi diperkirakan siswa di kedua sekolah tersebut akan diliburkan besok,” katanya.* (JAP)

Shares: