Dua Desa di Pidie Dilanda Banjir

SIGLI (popularitas.com) – Hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Pidie mengakibatkan dua desa di daerah setempat digenangi banjir.

Desa-desa dilanda banjir itu meliputi, Cot Reng dan Gampong Cot Tengeh, Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie.

Curah hujan, yang terjadi Kamis 13 Februari 2020, mulai pukul 20.00 WIb dengan intensitas tinggi membuat air sungai di Kecamatan Pidie penuh sehingga meluber ke pemukiman warga.

Informasi dihimpun popularitas.com, selain dua desa dilanda banjir, puluhan hektare lahan berisikan tanaman padi yang masih berusia 40 hingga 50 hari, juga ikut digenangi luapan air sungai tersebut.

Keuchik Gampong Cot Reng, Kecamatan Pidie, Karniadi mengatakan, puncak air sungai semakin meluber, yang mengakibatkan banjir dengan ketinggian sekitar setengah meter terjadi, pada Jumat 14 Februari 2020, pagi hari.

“Ketinggian airnya bervariasi dari lutut hingga pinggang orang dewasa,” kata Karniadi.

Akibat banjir yang mulai terjadi Jumat malam hingga pagi hari itu, mengakibatkan, aktifitas wargapun terganggu. Pasalnya, badan jalan di Gampong Cot Reng ikut tergenang luapan air sungai itu.

“Hingga kini, banjir di pemukiman belum kunjung surut, sehingga warga merasa sangat resah. Masyarakat khwatir jika hujan kembali melanda, maka air sungai akan semakin meluap,” ungkapnya.

Camat Pidie, Miswar menyebutkan, selain akibat curah hujan dengan intensitas tinggi yang melanda daerah setempat kemarin, banjir tersebut juga disebabkan kondisi sungai yang sempit dan dangkal.

Mengakibatkan proses pembuangan air Daerah Aliran Sungai (DAS) di Kecamatan Pidie pun terhambat, sehingga berdampak banjir.

“Kondisi sungainya sudah dangkal, jadi saat terjadi hujan deras, air sungai meluap, sehingga memasuki pemukiman penduduk,” jelasnya. (C-005)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Ucapan Selamat kepada Ibu Puan – KADIN ACEH
Anda mungkin juga berminat
loading...