Drainase Sepanjang 1,3 KM Tertimbun Longsor di Kute Panang Aceh Tengah

POPULARITAS.COM – Hujan dengan intensitas tinggi di kawasan Aceh Tengah sejak Jumat malam menyebabkan terjadinya longsor di Desa Lukup Sabun Barat, Kecamatan Kute Panah, Aceh Tengah.

Akibat kejadian itu, badan jalan tergerus longsor sepanjang 5 meter dan tinggi longsor mencapai 2 meter.

Selain itu kebun warga juga mengalami rusak berat akibat tertimbun longsor tersebut. Bahkan drainase sepanjang 1,5 kilometer ikut tertimbun material longsor.

“Akibat hujan dengan intensitas tinggi yang melanda Kabupaten Aceh Tengah sejak kemarin sehingga menyebabkan longsor,” kata Kepala BPBA, Ilyas dalam keterangannya, Sabtu (30/10/2021).

Beruntung dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa. Kini, pihak BPBD Kabupaten Aceh Tengah bersama TRC, TNI, POLRI bersama masyarakat bergotong royong membersihkan material longsor dengan mengunakan alat seadanya.

Sedangkan alat berat, hingga saat ini belum dapat diturunkan karena luasnya area kebun masyarakat yang terdampak serta intensitas hujan yang masih tinggi di daerah tersebut.

“Jalan utama desa tersebut belum dapat dilalui, Drainase yang tertimbun material tanah dan bebatuan belum dapat di perbaiki,” ujar Ilyas.

Comments
Loading...