InsfrastrukturNews

DPRK Bener Meriah Dukung Pemerintah Aceh Bangun Jalan di Samar Kilang

Peta persebaran pembangunan jalan. (ist)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Dalam rangka mengoptimalkan dana otonomi khusus (Otsus), dan untuk mencapai target pembangunan infrastruktur jalan, yang tertuang dalam RPJMA, Pemerintah Aceh, pada 2019, telah melakukan perencanaan untuk penanganan peningkatan 11 ruas jalan prioritas di provinsi ujung pulau Sumatera ini.

Salah satu jalan yang akan dibangun yaitu, jalan sepanjang 57,08 kilometer, yakni ruas jalan Simpang Redelong-Pondok Baru-Samar Kilang. Pembangunan ini akan membukan keterisoliran masyarakat di kawasan Samar Kilang, Bener Meriah.

Baca: Bener Meriah Apresiasi Pemerintah Aceh Bangun Jalan Untuk Retas Keterisoliran

Tentunya, selain membuka isolasi kawasan Samar Kilang, akses jalan tersebut akan mendorong konektivitas pengangkutan barang dan jasa, serta meningkatkan produktivitas masyarakat dengan mudahnya akses, berupa transaksi komoditas.

Menanggapi hal itu, Ketua DPRK Bener Meriah, M Saleh mendukung rencana Pemerintah Aceh untuk membangun jalan tersebut. Menurutnya, akses jalan tersebut sangat dibutuhkan masyarakat dalam segala hal.

Baca: Pembangunan 11 Ruas Jalan Prioritas Optimalkan Dana Otsus Aceh

Sebab, selama ini, kata dia, masyarakat di sana cukup memprihatinkan, karena kurangnya infrastruktur jalan. Sehingga, akses menuju ibukota Kabupaten cukup jauh.

Apalagi di wilayah Samar Kilang, baru sebagian jalan yang dibangun. “Harus dibangun, karena itu penting buat warga Samar Kilang. Mereka juga ingin menikmati pembangunan jalan yang bagus,” katanya, Senin, 10 Februari 2020.

Menurut Saleh, jalan Rusip menuju ke Samar Kilang sulit dilalui kendraan bermotor. Ia juga mengusulkan agar ada revitalisasi jalan Samar Kilang, agar tembus ke Sumatera Utara. (DRA)

Shares: