NewsPolitik

DPRA Minta Dinkes Bangun Posko Kesehatan di Perbatasan

BANDA ACEH (popularitas.com) – Ketua Komisi V DPRA, M Rizal Falevi Kirani meminta Pemerintah Aceh melalui Dinas Kesehatan dapat membangun posko kesehatan di perbatasan Aceh dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19.

“Kami menginginkan di perbatasan Aceh pengawasan diperketat bukan hanya menunjukkan surat keterangan bebas COVID-19 dan pemeriksaan suhu tubuh tapi juga perlu adanya satu posko Kesehatan,” katanya di Banda Aceh, Sabtu (4/7/2020) dilansir Antara.

Ia menjelaskan meski di perbatasan belum ada portabel tes usap, minimal di perbatasan bisa dilakukan tes cepat guna memastikan orang yang akan masuk ke Aceh terbebas dari virus.

“Kami mendesak Dinas Kesehatan untuk segera mengadakan portabel tes usap disetiap jalur perbatasan Aceh dan yang paling mendesak saat ini perbatasan Aceh Tamiang guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19,” kata Falevi.

Politisi PNA tersebut menilai kasus COVID-19 di Aceh terjadi karena masyarakat yang pergi ke provinsi tetangga dan menularkan kepada yang lainnya.

Menurut dia, karena adanya kelonggaran di perbatasan sehingga kasus yang terinfeksi di Aceh mengalami peningkatan dalam sepekan terakhir.

Ia menambahkan selain memperketat perbatasan, pemerintah juga perlu memberikan edukasi kepada masyarakat terhadap berbagai upaya pencegahan COVID-19.

Ia berharap pemerintah segera memperketat perbatasan dan lebih gencar mensosialisasikan bahaya COVID-19 agar masyarakat lebih paham dan sadar.[acl]

Shares: