NewsSosial dan Budaya

DPR RI ajak generasi muda promosikan Tari Saman

Tari Saman disuguhkan dalam "Pesona Nusantara Bekasi Keren"
TRH dan Muslim di tengah-tengah penari Tari Saman di Gayo Lues. Foto: Demokrat

POPULARITAS.COM – Tepat 10 tahun lalu, Unesco, organ PBB yang membidangi Pendidikan dan Kebudayaan secara resmi mengakui Tari Saman Gayo sebagai Warisan Budaya Dunia tak Benda.

Anggora DPR RI asal Aceh, Teuku Riefky Harsya (TRH), sangat bersyukur hingga 10 tahun pasca penetapan Tari Saman sebagai warisan dunia, tarian ini terus mendapat respon dan sambutan positif, tidak hanya Aceh dan nasional, tapi juga dunia.

“Tari Saman saat ini bukan hanya telah menjadi warisan masyarakat Aceh, tapi juga dunia,” kata Riefky dalam keterangannya, Sabtu (24/11/2021).

TRH megatakan jika masyarakat Aceh patut berbangga memiliki Tari Saman Gayo ini. Tarian ini memiliki originilitas, keunikan dan nilai-nilai filosofis.

“Tari yang berasal dari Gayo Lues ini memiliki originilitas, keunikan, dan nilai-nilai filosofis yang terkandung di dalam nya, yang membuat Saman sangat menarik dan berharga,” tambah anggota Komisi I DPR-RI ini.

Pada momen 10 tahun ini, Sekjend DPP Partai Demokrat itu mengajak generasi muda untuk terus bangga dan mempromosikan Tari Saman Gayo dalam kehidupan sehari-hari.

“Bentuk kebanggaan kita terhadap Tari Saman adalah dengan terus berkomitmen menjaga dan melestarikanya,” kata dia.

Shares: