Feature

Donor Darah, Cara Kyriad Muraya Hotel Aceh Membantu Sesama

Sejumlah relasi Kyriad Muraya Hotel mendonorkan darahnya pada donor darah rutin hotel tersebut, Selasa 30 April 2019) (Ist)

KYRIAD Muraya Hotel yang berdiri gagah di jantung Kota Banda Aceh turut berkontribusi terhadap sesama dalam bidang kesehatan. Setiap dua bulan sekali, hotel bintang empat tersebut selalu mengadakan donor darah rutin dengan menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh.

Selasa 30 April 2019, manajement hotel kembali menggelar donor darah yang kesekian kalinya di Ruang Meeting Room Langsa, lantai 1, Kyriad Muraya Hotel Aceh. Cara menggaet pendonor,  mereka lebih dahulu menyebar undangan kepada relasi agar hadir ke Kyriad untuk donor darah sesuai tanggal yang ditentukan.

Sehingga donor darah yang digelar mulai pukul 08.00 hingga 14.00 WIB hari itu, terbilang ramai. Sejumlah relasi hotel turut datang. Ada dari kepolisian, Kodam IM, Kejati, perbankan, media, travel agent, Lanut, Kodim, asosiasi dan unsur lainnya. Bahkan, beberapa tamu hotel berikut karyawan ikut bergabung dengan para relasi mendonorkan darah secara sukarela.

Tercatat, sebanyak 58 kantong darah terkumpul pada hari itu. Jika saja semua yang berhadir darah mereka bisa disedot, jumlahnya bahkan lebih banyak. Namun, karena faktor kesehatan seperti kurang tidur, hemoglobin rendah, tekanan darah rendah dan lain sebagainya sehingga ada sebagian yang datang dinyatakan tidak lolos didonor untuk kali ini.

GM Kyriad Muraya Hotel Aceh, Bambang Pramusinto pun tak pernah absen mendonorkan darahnya tiap kali donor darah rutin ini dilaksanakan, bersama dengan staff hotel dan pendonor lainnya sejak pagi hari sudah berada di Ruang Meeting Langsa untuk mendaftarkan diri.

Selesai mendaftar, dilanjutkan dengan periksa kesehatan yang dilakukan oleh dokter dari PMI, jika dinyatakan sehat oleh dokter, barulah pendonor bisa menyumbangkan darahnya.

“Donor darah rutin yang hotel kami lakukan ini merupakan agenda program CSR dari hotel kami, selain itu tujuan kami melakukannya juga untuk membantu kesulitan PMI dalam pengadaan stok  darah yang dibutuhkan di Banda Aceh,” ucap Bambang Pramusinto setelah mendonorkan darahnya.

Dia menambahkan, donor darah tidak hanya bermanfaat untuk orang lain saja tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan diri sendiri. Dengan rutin mendonorkan darah, maka kita bisa mengurangi resiko terkena penyakit kanker dan serangan jantung.

“Produksi darah juga bisa semakin meningkat serta menstabilkan kadar kolesterol dalam darah,” demikian ujar Bambang Pramusinto. (***)

Shares: