Donnarumna Pemain Terbaik Euro 2020, Ronaldo Top Skor

POPULARITAS.COM – Gianluigi Donnarumma terpilih sebagai pemain terbaik Euro 2020 (Euro 2021) usai jadi pahlawan Italia saat mengalahkan Inggris pada laga final di Stadion Wembley, London, Senin (12/7/2021) dini hari WIB.

Donnarumma jadi bintang kemenangan Italia atas Inggris dalam drama adu penalti. Kiper Paris Saint-Germain itu mengagalkan dua tendangan penalti Inggris dalam adu penalti yang berakhir dengan skor 3-2.

Donnarumma tidak mampu berbuat banyak saat menghadapi dua penendang pertama Inggris. Harry Kane dan Harry Maguire bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Namun, peruntungan Donnarumma berubah setelah eksekusi Marcus Rashford yang sudah mengecoh dirinya justru membentur tiang gawang.

Setelah itu, kiper berusia 22 itu mampu membaca dengan telak dua tendangan penalti Inggris. Donnaruma mengagalkan tendangan Jadon Sancho dan Bukayo Saka yang mengarah ke sisi kanan gawang. Keberhasilannya mengagalkan penalti Saka juga membuat Italia berhasil keluar sebagai juara Euro 2020.

Sementara itu, Cristiano Ronaldo menjadi top skor Euro 2020 meski kali terakhir bermain di babak 16 besar. Harry Kane gagal menggeser Ronaldo setelah tidak mampu mencetak gol saat Inggris dikalahkan Italia pada final Euro 2020.

Ronaldo menjadi top skor Euro 2020 dengan koleksi 5 gol. Penyerang Republik Ceko Patrik Schick hanya mampu menjadi runner-up meski sama-sama mencetak 5 gol. Ronaldo tetap berada di puncak daftar top skor Euro 2020 karena unggul torehan assist atas Schick.

Seluruh gol Ronaldo di Euro 2020 tercipta di fase grup. Pemain Juventus itu mencetak dua gol saat melawan Hungaria, mencetak satu gol ke gawang Jerman, dan menciptakan dua gol penalti saat melawan Prancis.

Ronaldo kemudian gagal mencetak gol di fase gugur setelah Portugal dikalahkan Belgia pada babak 16 besar Euro 2020.

Sumber: CNN

Comments
Loading...