News

Dokter Spesialis Positif Covid-19, RSUD Meulaboh Tak Bisa Tes Usap

Jokowi Pasang Target Suntik Vaksin Covid-19 untuk 180 Juta Penduduk
Ilustrasi. Ilmuwan meneliti kandidat vaksin COVID-19 di Universitas Pittsburgh, Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat, Sabtu (28/3/2020). ANTARA FOTO/UPMC/Handout via REUTERS/wsj.

POPULARITAS.COM – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGPP) COVID-19 Kabupaten Aceh Barat sementara waktu tidak memiliki tenaga kesehatan untuk melakukan tes usap (swab), setelah seorang dokter spesialis di daerah ini berinisial HL terinfeksi COVID-19.

“Petugas usap (swab) kita ada enam orang, setelah dokter HL positif COVID-19, maka semua paramedis yang selama ini bertugas untuk tes usap harus diisolasi secara mandiri,” kata Petugas Sekretariat Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGPP) COVID-19 Kabupaten Aceh Barat, Irsadi Aristora di Meulaboh, Minggu (23/8/2020) dikutip dari Antara.

Akibat tidak adanya petugas usap, TGPP Aceh Barat hingga saat ini belum bisa melakukan pengambilan sampel usap liur dan hidung terhadap masyarakat yang dicurigai terpapar COVID-19, atau warga yang selama ini terlibat kontak dengan pasien COVID-19.

Sebagai solusi, pihaknya juga mencoba menjalin kerjasama dengan tim kesehatan dari Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, untuk memperbantukan sejumlah paramedis untuk melakukan usapan di Aceh Barat.

“Senin besok kita kirim suratnya ke Unsiyah, setelah suratnya ditandatangani oleh Bapak Bupati Aceh Barat, Ramli MS,” kata Irsadi menuturkan.

Apabila tidak berhasil, TGPP Aceh Barat juga berencana melakukan kerjasama dengan tim dari Balitbangkes Aceh, untuk memperbantukan tenaga kesehatan ke Aceh Barat.

“Jadi sementara waktu Aceh Barat tidak memiliki tenaga mengusap, kita berharap secepatnya upaya kerjasama ini bisa segera dilakukan, sambil menunggu paramedis usai menjalani isolasi mandiri,” kata Irsadi Aristora menuturkan.[acl]

Shares: