News

Dishub Banda Aceh diminta pertimbangkan penggusuran sekretariat terminal

Dishub Banda Aceh diminta pertimbangkan penggusuran sekretariat terminal
Anak-anak putus sekolah mendapat perhatian khusus dari para relawan di sekretariat terminal labi-labi di kawasan Kampung Baru, Baiturrahman, Banda Aceh. Foto: Ist

POPULARITAS.COM – Dinas Perhubungan (Dishub) Banda Aceh diminta untuk mempertimbangkan rencana penggusuran sekretariat terminal yang berada di kompleks terminal labi-labi kawasan Kampung Baru, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh.

Pasalnya, sekretariat terminal tersebut merupakan tempat edukasi anak-anak putus sekolah yang bertempat tinggal di seputaran terminal.

Pengurus Sekretariat, Reza mengatakan, sekretariat terminal itu telah ditempati sejak tahun 2018 dan anak-anak secara langsung dibimbing oleh relawan.

Selain dijadikan sebagai tempat edukasi, sektretariat itu juga tersedia perpustakaan dan tempat produksi UKM serta tempat riset pengembangan pertanian.

“Kepala dinas pernah datang beberapa kali ke terminal, tetapi bukan ke sekretariat dan beliau meminta seputaran terminal dibersihkan tanpa ada bahasa penggusuran,” katanya, Senin (1/8/2022).

Sebelumnya, Pemerintah Kota Banda Aceh melalui UPTD di Dishub Banda Aceh membantu fasilitas berupa listrik gratis untuk kebutuhan penggunaan musala dan toilet umum di kompleks tersebut.

“Pusat pendidikan adik-adik di terminal yang menggunakan fasilitas musala, kini listrik tersebut sudah diganti dari berbayar menjadi prabayar dan ditambah juga menjadi 35 volt,” terang Reza.

Namun demikian, kata Reza, pihak UPTD Dishub Kota Banda Aceh menyampaikan bahwa sekretariat terminal tersebut harus segera dibersihkan dan diberi waktu hingga sampai Senin 1 Agustus 2022.

“Kontribusi kami adalah bentuk kepedulian terhadap terminal dan memberikan edukasi terhadap anak-anak yang putus sekolah, jadi kami meminta kepada pihak pemerintah untuk mempertimbangkan kembali penggusuran Sekretariat Terminal,” ucap Reza.

Shares: