Dishub Aceh go to school

POPULARITAS.COM – Berdasarkan data nasional, korban meninggal akibat kecelakaan rata-rata 32orang setiap harinya. Tentunya itu adalah angka yang besar dan sangat memprihatinkan. Angka kecelakaan ini menyatakan bahwa kecelakaan fatal di jalan raya merupakan penyebab kematian kedua setelah TBC di Indonesia dan merupakan penyebab kematian kelima di tingkat dunia setelah serangan Jantung, stroke, paru-paru dan ispa.

Faktor penyebab kecelakaan lalu lintas diantaranya masalah pengguna jalan (67%), kendaraan (4%), jalan dan lingkungan (5%) serta koordinasi ketiga faktor diatas (24%).
Sedangkan data dari Polda Aceh tahun 2015-2016 korban meninggal akibat kecelakaan rata-rata 2 orang perharinya di Provinsi Aceh.

Kabid Darat, Dishub Aceh, Nizarli, SSiT, MT, mengatakan, guna menindaklanjuti angka kecelakaan lalu lintas yang semakin tinggi, Dinas Perhubungan Aceh tidak tinggal diam, Dinas Perhubungan Provinsi melakukan giat aksi edukasi Sosialisasi Keselamatan berlalu lintas dengan bertema “DISHUB GO TO SCHOLL”.

Dishub Go to School sudah dilaksanakan di beberapa sekolah yaitu SMA Negeri 1 Lampeneurut Aceh pada hari Selasa (20/3), SMP Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar pada hari Rabu (21/3). Kedepanya, sambung Nizarli, Dishub Go To School akan dilakukan dibeberapa sekolah, yakni, SMA Negeri 3 Kota Banda Aceh
, SMA Negeri 2 Mesjid Raya Aceh besar
, SMA Negeri 2 Kota Banda Aceh, dan SMA Negeri 1 Kota Banda Aceh.

Kegiatan ini juga, sebut Nizarli, sesuai dengan jalan Pemerintah dari Rencana Umum Nasional Keselamatan Jalan (RUNK 2011 – 2035) dengan target mewujudkan 5 (lima) pilar Aksi Keselamatan Jalan). Kegiatan Dishub Go To School ini sesuai dengan Pilar ke IV Aksi Keselamatan Jalan, yaitu Perilaku Pengguna Jalan yang berkeselamatan.

Giat ini juga difokuskan kepada remaja-remaja usia produktif yang lebih dominan mengalami kecelakaan lalu lintas. Dengan diadakannya sosialisasi ke sekolah oleh Dinas Perhubungan Aceh maka sangat diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas pada usia produktif, memberikan wawasan tentang keselamatan berlalu lintas. pada usia produktif, serta menanamkan jiwa pelopor keselamatan berlalu lintas pada usia produktif. (saky)

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.