News

Disetujui Kemendagri, Jumlah Kecamatan di Sabang Bertambah Satu

Pasien Positif Covid-19 di Sabang Sembuh
Sekretaris Daerah Kota Sabang, Drs. Zakaria MM

POPULARITAS.COM – Pemerintah pusat melalui Direktorat Jendral Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menyetujui pembentukan kecamatan baru di Kota Sabang yang bernama Sukamakmue, serta juga telah memiliki kode wilayahnya.

“Alhamdulilah setelah melalui serangkaian proses, kini Kecamatan Sukamakmue telah sah secara administrasi sebagai kecamatan baru di Kota Sabang,” kata Sekretaris Daerah Kota Sabang Zakaria seperti dilansir laman Antara, Jumat (19/2/2021).

Hasil pertemuan antara Pemko Sabang dengan Direktur Toponimi dan Batas Daerah, Direktorat Jendral Bina Adwil Kemendagri Sugiarto, kata dia, bahwa proses pembentukan kecamatan itu sudah memenuhi persyaratan dan juga telah melalui beberapa tahapan hingga dikeluarkannya kode wilayah kecamatan.

Pada prinsipnya, lanjut dia, setelah mendapat persetujuan dari Mendagri pada Oktober 2020 lalu, kode dan data wilayah Kecamatan Sukamakmue telah disiapkan untuk mempercepat proses penataannya.

“Jadi secara otomatis sekarang sudah keluar kode wilayah, itu sudah sah secara administrasi,” kata Zakaria.

Ia menambahkan untuk kode wilayah kecamatan akan ditetapkan bersamaan dengan revisi semua kecamatan di seluruh Indonesia oleh Kemendagri. Secara resmi Kecamatan Sukamakmue memiliki kode wilayah 117203, yang bahwa kecamatan ini menjadi kecamatan ke 7255 di Indonesia dan kecamatan ke 290 di Aceh.

“Dengan terealisasinya Kecamatan Sukamakmue ini tentunya sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan yang lebih optimal lag,” katanya, berharap.

Seiring berjalannya proses imigrasi, Pemko Sabang juga telah melakukan perencanaan, seperti penyediaan tanah untuk pembangunan kantor camat, penetapan ibukota kecamatan serta persiapan operasional penunjang lainnya.

Ada enam gampong atau desa yang akan masuk dalam Kecamatan Sukamakmue meliputi Gampong Paya, Gampong Keuneukai, Gampong Beurawang, Gampong Iboih, Gampong Batee Shok dan Gampong paya Seunara.

“Tahap selanjutnya kita akan mempersiapkan beberapa infrastruktur yang akan dibangun dan juga struktur organisasinya,” katanya.

Shares: