Dinas Kebudayaan dan Pariwisata AcehNews

Disbudpar launching Tour de Aceh 2022

Disbudpar Aceh kembali launching event spot turism "Tour de Aceh" tahun 2022, yang dilaksanakan pada tanggal 14 hingga 16 Mei 2022 mendatang.

POPULARITAS.COM – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh kembali launching event spot turism “Tour de Aceh” tahun 2022, yang dilaksanakan pada tanggal 14 hingga 16 Mei 2022 mendatang.

Peluncuran event Tour de Aceh tersebut digelar di Hotel Kyriad Muraya, Banda Aceh, pada Kamis (21/4/2022).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin menyampaikan, Tour de Aceh ini bertujuan mempromosikan pesona wisata alam dan budaya sebagai wisata olahraga sport tourism dengan melibatkan komunitas-komunitas road bike Aceh dan Sumut.

“Kegiatan ini bukan hanya kegiatan race atau perlombaan balap sepeda saja, tetapi juga yang lebih penting adalah menggali potensi wisata yang ada di Aceh dan memperkenalkan kepada masyarakat khususnya pecinta sepeda bahwa alam Aceh memiliki potensi yang besar dalam Sport Tourism,” kata Jamaluddin.

Lebih lanjut, Jamaluddin mengatakan Tour de Aceh 2022 akan dilaksanakan dengan etape pertama di Takengon pada tanggal 14 Mei 2022 dan etape ke dua nantinya akan dilaksanakan di Aceh Besar dan Banda Aceh dengan total jarak tempuh 150 kilometer.

“Dunia sudah mengakui kalau Aceh ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang indah, dilengkapi lagi dengan tradisi masyarakat yang unik dan menarik. Semua potensi itu selayaknya kita manfaatkan untuk memperkuat pembangunan Aceh, sebab sektor pariwisata punya andil besar dalam mendukung bangkitnya aktivitas ekonomi di masyarakat,” jelas Jamaluddin

Kini, lanjut Jamaluddin, Pemerintah Aceh menempatkan pariwisata sebagai salah satu sektor yang mendapat prioritas untuk dikembangkan ke depan, dan akan menerapkan komponen 3A untuk membangun sektor pariwisata ini, yaitu Aksesibilitas, Amenitas dan Atraksi.

“Penguatan tiga komponen ini kita harapkan  dapat menjadikan Aceh sebagai destinasi wisata yang aman, nyaman dan menawan,” ucapnya.

Sementara itu, Race Director, Nazar menyebutkan dalam event Tour de Aceh tersebut hanya menampung sebanyak 200 peserta.

“Peserta dapat di kategorikan pria usia 14 sampai 18 tahun, pria usia 19 sampai 34 tahun, pria usia 35 sampai 39 tahun, pria usia 39 sampai 44, pria usia 45 sampai 49, pria usia 50 keatas, serta wanita semua umur,” sebut Nazar.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Aceh, Darwati A Gani yang diwakili oleh Soentoro, komunitas Road Bike Aceh, D’Energy Cycling Club, Rider Road Bike, Radar Road Bike, serta STR cycling Club.

Bagi peserta yang ingin mendaftar bisa mengakses pada link https://disbudpar.acehprov.go.id/ atau https://acehtourism.travel/.

“Pendaftaran peserta Tour de Aceh tidak dipungut biaya, artinya gratis,” ujarnya.

Shares: