iklan central media
Iklan Idhul Adha BPSDM

Disbudpar Gelar Aceh Culinary Festival Usai Lebaran

BANDA ACEH (popularitas.com) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh akan menggelar Aceh Culinary Festival 2019 usai Idul Fitri 1440 Hijriah. Kegiatan bertema “The Authentic Food Experiences” tersebut dihelat tepatnya pada 5-7 Juli 2019 mendatang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin mengatakan, kuliner Aceh punya cita yang rasa khas, dengan racikan bumbu turun-temurun. Terlebih kekhasan rempah-rempah khusus yang begitu melekat di lidah tiap perasanya.

“Kita memiliki 8 etnis yang tersebar di 23 Kabupaten/Kota di Aceh, jadi jenis kuliner kita sangat banyak, unik dan autentik, ini yang coba kita jaga dan lestarikan,” katanya, Kamis, 23 Mei 2019.

Festival yang bakal diselenggarakan selama 3 hari ini nantinya akan diisi berbagai agenda, seperti The Food Market, pameran kuliner dengan 1.000 macam variasi makanan dan minuman yang terbagi di 6 zona utama.

“Ada enam zona yang kita hadirkan, mulai zona Rumoh Makan Aceh, zona Aceh Food Market, zona Nusantara Food Market, zona The World Gourmet, zona Fusion Food, dan zona Food Innovation,” sebutnya.

Dia juga menambahkan, di Aceh Culinary Festival 2019 nanti akan ada kegiatan Culinary Camp yang berisi 50 sesi demo masak, workshop dan diskusi mengenai kuliner.

Kelas-kelas kuliner itu bagian dari edukasi pada pengunjung tentang kuliner Aceh, mulai bahan baku, bumbu, hingga proses memasak serta cerita di balik hidangan istimewa dari Tanah Rencong.

Ahli kuliner mulai dari Chef, Researcher, Food Writer, Blogger, Food Photographer, Gastronomist, Food Stylist hingga Mixologist berskala lokal, nasional dan internasional juga bakal hadir meramaikan acara tersebut.

Lebih lanjut, Jamal menuturkan, ada satu hal menarik yang tidak pernah ketinggalan di tiap gelaran Aceh Culinary Festival, yaitu ajang khanduri bersama.

“Tahun ini, panitia telah menyiapkan berbagai khanduri yang bisa dinikmati pengunjung secara gratis. Salah satunya adalah Khanduri Bu Prang, santapan khas sarapan di Aceh,” paparnya.

Acara tersebut juga menghadirkan kompetisi memasak Koki Aceh Indonesia yang akan memperebutkan hadiah total Rp 20 juta.

“Bagi yang hobi makan, panitia juga telah menyiapkan arena lomba khusus untuk kompetisi Culinary Pageant yang memperebutkan gelar Mr. & Ms. Gourmet Aceh 2019,” pungkasnya. (ASM)

Iklan Idhul Adha RSUZA
Anda mungkin juga berminat
Iklan Idhul Adha DISPORA