Dinkes Aceh: Stok Pfizer kosong sejak awal Desember

POPULARITAS.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Aceh membenarkan stok vaksin dosis Pfizer sudah kosong sejak awal Desember 2021. Hal itu karena tak ada pengiriman dari pemerintah pusat.

“Iya sementara belum ada kiriman dari pusat, untuk Pfizer kosong sejak awal bulan Desember,” kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Aceh, Iman Murahman saat dihubungi popularitas.com, Jumat (10/12/2021).

Iman menjelaskan, dosis Pfizer diperkirakan akan tersedia di Aceh minggu depan. Informasi ini diketahui dari pemerintah pusat.

“Insya Allah Minggu depan sudah ada dosis Pfizer,” jelas Iman.

Ia menjelaskan, bagi masyarakat yang telah melakukan vaksinasi tahap pertama dengan dosis Pfizer, maka tahap kedua juga harus dengan Pfizer.

“Jika pertama Pfizer, maka dosis kedua tetap Pfizer. Dan waktu 21 hari adalah interval minimal dosis 1 ke 2,” sebut Iman.

Sebelumnya, sejumlah warga di Kota Banda Aceh mengeluh akibat tak bisa melakukan vaksinasi dosis kedua jenis Pfizer. Hal itu karena sudah lebih dari sepekan stok Pfizer kosong.

Sehingga, mereka mengalami kendala untuk urusan administrasi karena vaksin belum lengkap.

Muhajir, salah seorang warga yang mengeluh mengatakan, berdasarkan jadwal, suntikan dosis Pfizer tahap dua untuk dirinya pada 30 November 2021.

“Saya sudah menunggu sampai hari ini, tetapi masih kosong, sementara saya ada keperluan administrasi yang mengharuskan vaksin lengkap,” kata Muhajir kepada wartawan, Jumat (10/12/2021).

Muhajir berharap persoalan yang sedang ia alami segera mendapat solusi. Dia juga meminta pemerintah untuk memberikan penjelasan kapan dosis Pfizer tersedia lagi di Aceh.

“Saya berharap dosis kedua Pfiser untuk saya segera tersedia, karena ini sangat perlu,” sebut Muhajir.

Comments
Loading...