News

Dinas Koperasi UKM Aceh latih warga Bener Meriah terkait pengelasan

Dinas Koperasi UKM Aceh latih warga Bener Meriah terkait pengelahan
Dinas Koperasi UKM Aceh latih warga Bener Meriah terkait pengelasan
Dinas Koperasi UKM Aceh latih warga Bener Meriah terkait pengelasan. Foto: Ist

POPULARITAS.COM – Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM) Aceh menggelar bimbingan teknis (bimtek) pengelasan bagi pemula di Kabupaten Bener Meriah.

Kegiatan yang berlangsung 13-16 September 2022 itu diikuti 30 peserta yang merupakan warga kabupaten pemekaran dari Aceh Tengah itu.

Kegiatan tersebut berlangsung di Huriz Homestay Pelangi Syariah, Kabupaten Aceh Tengah dan diisi oleh sejumlah pemateri berkompeten di bidangnya, antara lain Iskandar Majid, Fakhrurrazi, dan sejumlah narasumber lainnya.

Kepala Dinas Koperasi UKM Aceh yang diwakili Kabid Pengawasan dan Pemeriksaan, Aswar saat membuka kegiatan menyampaikan, bimtek kali ini fokus membahas tentang bagaimana membuka usaha mandiri pengelasan.

“Usaha pengelasan sendiri merupakan usaha yang sangat menjanjikan hingga saat ini di Provinsi Aceh sendiri,” kata Aswar dalam keterangannya, Jumat (16/9/2022).

Ia menjelaskan, pada kegiatan bimtek ini juga disalurkan bantuan peralatan pengelasan dari Dinas Koperasi UKM Aceh dan diadakan praktikum demi menunjang para peserta mendapatkan materi.

Praktikum itu sendiri, kata Aswar, dilaksanakan di bengkel Las Kreatif Teknik. Pada sesi ini, para peserta diajarkan praktik cara memotong besi, cara mengelas dasar, teknis atau skill bagi seorang pengelas dan lainnya.

Menurut Aswar, praktik lapangan sendiri bertujuan untuk memperkenalkan teori dasar secara aplikatif kepada para peserta kegiatan, agar mereka mengerti teknik dasar secara lengkap dan juga berkompeten.

Praktik pengelasan sendiri berlangsung khidmat di mana peserta dibagi menjadi 2 kelompok dan dimentori oleh 1 praktisi per masing-masing kelompok. Para peserta diajarkan bagaimana basic welding, serta teknik lainnya.

Aswar berharap, kegiatan bimtek ini dapat memompa semangat berbisnis para UMKM, sehingga usaha yang akan dijalankan ke depannya dapat berkembang.

“Dan membantu menumbuhkan perekonomian baik secara personal maupun masyarakat umum,” ucap Aswar.

Turut hadir pada acara pembukaan antara lain Abdah Syahdan selaku Kasi Peningkatan Kualitas Kewirausahaan pada Dinas Koperasi UKM Aceh, Iwan Fitra selaku Kabid UKM Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bener Meriah serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Shares: