News

Diguyur Hujan, Gunung Paro Longsor

Dampak bencana, Aceh mengalami kerugian Rp149 miliar
Ilustrasi, longsor di Gunung Paro, Aceh Besar. (ist)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Aceh Besar dan sekitarnya menyebabkan longsor di Pegunungan Paro, Kecamatan Leupung, kabupaten setempat pada Jumat, 8 Mei 2020.

Kondisi itu membuat arus lalu-lintas di pegunungan Paro tersendat. Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Besar bersama pihak terkait masih melakukan pembersihan jalan.

“Longsor di gunung Paro dalam tahap pembersihan petugas,” ujar Staf Pusat Data dan Informasi BPBA, Haslinda Juwita dalam keterangannya, Jumat, 8 Mei 2020.

Ia menjelaskan, selain di gunung Paro, pada waktu hampir bersamaan, pembersihan juga dilakukan di gunung Kulu, Kecamatan Lhoong. Di lokasi ini, petugas membersihkan pohon yang tumbang ke badan jalan.

“Material pohon tumbang sudah dibersihkan, sehingga jalan saat ini sudah normal kembali,” pungkasnya.

Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Ery Apriyono menyebutkan, untuk memastikan pembersihan jalan berlangsung maksimal, Kapolda Irjen Wahyu Widada sudah meninjau ke lokasi longsor.

Kunjungan itu juga didampingi Dirlantas Kombes Pol Dicky Sondani dan sejumlah pejabat utama Polda Aceh lainnya.

Menurut Ery, longsor tersebut terjadi sekira pukul 08.00 WIB tepatnya di Kilometer 37. Di lokasi ini, tebing gunung Paro mengeluarkan material longsoran berupa lumpur hingga sempat menutupi sebagian badan jalan.

“Hingga saat ini, petugas di lapangan baik Polri maupun unsur terkait lainnya masih melakukan pembersihan di lokasi longsor tersebut dan tetap mengatur arus lalu lintas dengan sistem buka tutup,” kata dia.

Reporter: Muhammad Fadhil

Shares: