EkonomiNews

Di Tengah Pandemi, Pemkab Aceh Utara Bagikan 1500 Kg Benih Jagung ke Petani

penyerahan bibit jagung ke petani di Desa Desa Sido Mulyo, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara.
penyerahan bibit jagung ke petani di Desa Desa Sido Mulyo, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara. (ist)

ACEH UTARA (popularitas.com) – Untuk mempertahankan ketahanan pangan di masa pandemi virus corona, Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, menyerahkan bantuan benih jagung untuk petani di Desa Sido Mulyo, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara sebanyak 1.500 kilogram untuk ditanam dilahan seluas 100 hektar di desa tersebut.

Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf  mengatakan, program penanaman jagung ini ditanam atas lahan replanting kelapa sawit, dan nantinya akan dilakukan di beberapa lokasi lain di wilayah Aceh Utara. Pengelolaan itupun oleh sejumlah kelompok tani.

Kata Fauzi, pemerintah saat ini sedang melakukan program peremajaan sawit rakyat yang usianya sudah lebih 25 tahun. Dalam tahun 2019 sedikitnya dilakukan peremajaan (replanting) seluas 2.080 hektar tersebar di 10 lokasi dalam wilayah Aceh Utara.

(ist)

“Penyerahan bibit jagung ini adalah lokasi kedua sebelunya diserahkaan ke Desa Cot Dah Kecamatan Tanah Luas. semoga bisa berjalan lancar dan bisa berkembang untuk membantu perekonomian dikalangan masyarakat,” ujar Fauzi kepada popularitas.com Rabu, 1 Juli 2020.

Lanjutnya, penanaman jagung rakyat di areal replanting sawit merupakan bagian dari program ketahanan pangan mengantisipasi wabah pandemi virus Covid-19. Bantuan benih jagung sebanyak 1.500 kg berasal dari Dinas Pertanian Provinsi Aceh disalurkan melalui Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Aceh Utara. Selain bantuan benih, juga diberikan bantuan pupuk sebanyak 10 ton.

“Bantuan diserahkan melalui Kelompok Tani Tunas Muda Usaha Beuna, Petani kita harapkan mau bekerja keras, kalau ada permasalahan agar berkoordinasi dengan pemerintah daerah melalui Dinas terkait,” ucapnya.

Reporter: Rizkita/Rajali

Shares: