News

Demo Tolak PT EMM Berlanjut Tanpa Izin Polisi

Ilustrasi Demo PT EMM diduga berkaitan erat dengan belum beralihnya status Kantor BPN menjadi Kantor Badan Pertanahan Aceh | Foto: Al Asmunda

BANDA ACEH (popularitas.com) – Unjuk rasa yang dilakukan mahasiswa dan pemuda dari lintas organisasi disebut-sebut tidak memperoleh izin dari pihak kepolisian, Rabu, 10 April 2019. Hal tersebut disampaikan Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, SH, kepada sejumlah wartawan di halaman Kantor Gubernur Aceh, di Banda Aceh.

“Demo kali ini tidak ada pemberitahuan, artinya udah menyalahi aturan. Itu kita baik lagi, kita beri kesempatan kepada mereka, kalau kita mau bubarkan kan sah-sah saja,” kata Kapolresta Banda Aceh.

Karena itu, Kapolresta Banda Aceh berharap para demonstran tetap tertib dalam menyampaikan aspirasinya. Apalagi, kata Kapolresta Banda Aceh, pihak pemerintah Aceh telah menerima kehadiran massa.

Meskipun demikian, kata Trisno, pihak demonstran bersikukuh hendak menemui Plt Gubernur Aceh. Di sisi lain, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah disebutkan masih mengikuti Musrenbang di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh.

“Belum ketemu, (Plt Gubernur Aceh) kan sedang Musrenbang. Jadi belum ketemu, ya saya usahakan,” ujar Kapolresta Banda Aceh.

Pantauan wartawan di lapangan, massa yang semula tertahan di jalan protokol depan Kantor Gubernur Aceh berhasil merangsek ke halaman perkantoran pemerintah tersebut. Mereka berhasil mendesak masuk dengan mematahkan pagar kompleks pemerintahan Aceh. Selain itu, aksi massa dalam jumlah besar ini juga turut merusak plang nama kantor Gubernur Aceh.

Massa yang bersatu di bawah payung Barisan Pemuda Aceh tersebut terus mendesak untuk bertemu Plt Gubernur Aceh, yang sudah beberapa kali aksi tidak berhasil ditemui. Mereka bahkan mengancam jika Plt Gubernur terus mengelak, maka massa yang mencapai ribuan tersebut bakal golput di pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang.

Aksi demonstrasi mahasiswa di kantor Gubernur Aceh tersebut membuat polisi terpaksa menutup ruas jalan lintas, T Nyak Arif. Para pengguna jalan yang bergerak dari arah Pasar Aceh menuju Darussalam terpaksa dialihkan melalui Jalan Stadion Lampineung ke arah Jalan Nyak Makam.* (ASM)

Shares: