HeadlineNews

Delapan Gempa Guncang Sabang Hari Ini

Gempa 5,5 SR kagetkan warga Aceh Besar

BANDA ACEH (popularitas.com) – Gempa berkekuatan di atas 5 Magnitudo mengguncang Sabang, Senin, 1 April 2019. Hingga pukul 10.28, lindu yang berada di kedalaman 10 Km Kota Sabang ini telah delapan kali menghentak Bumi.

Informasi yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa pertama terjadi pada pukul 06.46 WIB tadi. Pusat gempa berada di 194 km Barat Laut Kota Sabang, Aceh atau di titik koordinat lintang utara 7.63 dan bujur timur 95.09. Gempa pertama tersebut berkekuatan 5,2 Magnitudo.

Sementara gempa kedua terjadi pada pukul 08.23 WIB berkekuatan 5.4 Magnitudo, dengan kedalaman 10 Kilometer. Gempa kedua berada di titik koordinat lintang utara 7.67 dan bujur timur 94.35 atau 224 km Barat Laut Kota Sabang, Aceh.

Gempa yang berada di lokasi yang sama tersebut, disebutkan tidak menimbulkan tsunami. Hingga saat ini pun belum ada laporan kerusakan akibat gempa yang terjadi di hari pertama bulan April 2019 tersebut.

Sementara itu, Kepala Stasiun BMKG Mata Ie Aceh Besar, Eridawati menyebutkan gempa di lokasi tersebut telah terjadi sebanyak delapan kali hingga saat ini. “Alat kita mencatat 8 kali (gempa),” kata Eridawati menjawab popularitas.com.

Marwan, salah seorang pedagang di Kota Sabang mengaku tidak merasakan aktivitas gempa sejak tadi pagi tersebut. Dia menyebutkan hingga saat ini aktivitas warga berjalan normal seperti biasanya.

Hal senada disampaikan Edi Saputra, salah seorang pengajar di Kota Sabang. Dia mengaku baru mengetahui adanya gempa. “Tidak terasa, dari tadi pagi nggak ada apa-apa. Saya pun saat ini sedang mengajar dan semuanya terlihat normal,” kata Edi.*(BNA)

Shares: