Dinas Kebudayaan dan Pariwisata AcehNews

Delapan Gampong di Aceh masuk 300 besar Anugerah Desa Wisata 2022

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI kembali mengumumkan 300 nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Dari daftar tersebut, tersisa 8 dari 14 desa wisata Aceh yang sebelumnya masuk 500 besar.
Delapan Gampong di Aceh masuk 300 besar Anugerah Desa Wisata 2022
Kepala Disbudpar Aceh, Jamaluddin bersama Menparekraf Sandiaga Uno. | foto: ist

POPULARITAS.COM – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI kembali mengumumkan 300 nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Dari daftar tersebut, tersisa 8 dari 14 desa wisata Aceh yang sebelumnya masuk 500 besar.

Pengumuman tersebut diumumkan langsung oleh Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno, Jumat, 22 April 2022.

Ia menyampaikan, 300 desa wisata yang masuk nominasi itu telah dikurasi oleh tim Kemenparekraf, yang dimana sebelumnya berjumlah 500 desa wisata.

Sandiaga menyampaikan bagi desa wisata yang belum masuk ke 300 besar agar tidak berkecil hati. Ia berharap setiap desa tetap memperhatikan setiap inovasi, adaptasi dan kalaborasi melalui pengisian data di website Jadesta.

“Kepada seluruh desa wisata yang belum lolos 300 besar desa wisata ADWI 2022 tetap terus tingkatkan inovasi, adaptasi dan kalaborasi melalui pengisian data desa wisata di website Jadesta sebagai wadah dan arah Kemenparekraf dalam penyusunan rencana pengembangan desa-desa wisata seluruh Indonesia,” kata Sandiaga Uno, Jumat, 22 April 2022.

Diketahui, ADWI 2022 diikuti 3.419 desa wisata di seluruh Indonesia. Pencapaian tersebut, kata dia, melebihi target dari tahun sebelumnya dan merupakan bentuk apresiasi dan antusiasime yang sangat tinggi dari masyarakat seluruh Indonesia.

“Ayo kita terus gali potensi wisata di seluruh Indonesia sebagai simbol kebangkitan ekonomi nasional, demi kesejahteraan rakyat untuk Indonesia bangkit,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin menyampaikan rasa bangga terhadap desa wisata yang masih bertahan di 300 besar. Ia berharap, desa yang lolos tahap kurasi itu tetap berbenah dan tidak cepat puas.

“Selamat buat 8 desa wisata yang lolos 300 besar ADWI 2022. Ini menunjukkan bahwa desa wisata di Aceh masih berpeluang meraih yang terbaik,” harap Jamaluddin.

Sementara itu, ia juga menegaskan agar Dinas Pariwisata di Kabupaten/Kota di Aceh untuk tetap mendorong gampong yang masuk tahap kurasi 300 besar ADWI, memperhatikan kriteria yang menjadi penilaian dewan juri.

“Kita harap setiap desa yang masuk kurasi 300 besar ADWI tetap fokus berbenah dan mengikuti kriteria yang jadi penilaian dewan juri,” ujarnya.

Adapun daftar desa wisata yang lolos kurasi 300 besar dari Aceh ialah;

1. Desa Wisata Iboih (Sabang)

2. Desa Wisata Ujung Karang (Aceh Barat)

3. Desa Wisata Lubuk Sukon (Aceh Besar)

4. Desa Wisata Alue Jang (Aceh Jaya)

5. Desa Wisata Ketambe (Aceh Tenggara)

6. Desa Wisata 7 Bidari (Aceh Utara)

7. Desa Wisata Gampong Ulee Lheue (Banda Aceh)

8. Desa Wisata Gampong Punge Blang Cut (Banda Aceh).

Shares: