HeadlineNews

Debu Vulkanik Sinabung Masuk Aceh, Warga Diminta Batasi Aktivitas di Luar Rumah

Ilustrasi, Seorang warga menunjukkan satu unit mobil yang diselimuti abu vulkanik di kota Sinabang, Simeulue. IST

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan debu vulkanik dari erupsi gunung Sinabung, Sumatera Utara mulai memasuki Aceh. Karena itu, BMKG mengimbau masyarakat untuk membatasi kegiatan di luar rumah.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun I Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar, Zakaria Ahmad mengatakan, erupsi gunung Sinabung kembali terjadi pada Selasa (2/3/2021) pukul 09.49 WIB.

“Erupsi gunung Sinabung kali ini berdasarkan informasi dari Koordinator Stasiun Meteorologi Kelas I Kualanamu dengan tinggi kolom abu vulkanik 1000 meter dengan arah gerak mengkuti arah angin yaitu mengarah ke timur,” sebut Zakaria dalam keterangannya, Selasa (2/3/2021).

Ia menjelaskan, apabila dilihat dari foto satelit, diperkirakan debu vulkanik sudah mulai menyeberang atau terpapar ke Provinsi Aceh, seperti Aceh Tenggara dan sebagian Aceh Selatan.

“Tepatnya wilayah yang mungkin berpengaruh adalah Kabupaten Aceh Tenggara juga sudah meluas ke Kabupaten Aceh Selatan,” ucap Zakaria.

Oleh karena itu, lanjut Zakaria, BMKG mengimbau kepada masyarakat Aceh Tenggara khususnya dan juga Aceh Selatan yang daerahnya sudah mulai terpapar debu asap vulkanik agar tidak banyak beraktivitas di luar rumah.

“Jikapun harus keluar rumah maka jangan lupa memakai masker, memakai kaca mata, menutup tempat makanan, dan air untuk konsumsi,” terang Zakaria.

Editor: dani

Shares: