Darwati Tolak Struktur Fraksi PNA di DPRA

BANDA ACEH (popularitas.com) – Anggota DPR Aceh dari fraksi PNA, Darwati A Gani menolak susunan fraksi partai tersebut yang telah ditetapkan pimpinan lembaga DPR Aceh.

“Pada kesempatan ini saya menolak penetapan ketua fraksi dan segala kelengkapannya yang dilakukan tidak berdasarkan aturan hukum,” kata Darwati saat melakukan interupsi di sela-sela rapat paripurna pengucapan sumpah pimpinan DPRA definitif di Gedung DPR setempat, Jumat, 15 November 2019 sore.

Ia menjelaskan, penolakan tersebut dilakukan karena penetapan Fraksi PNA tidak sesuai dengan peraturan berlaku. Seharusnya, kata Darwati, DPR Aceh selaku lembaga yang membuat undang-undang mengerti soal itu.

Baca: Fraksi PNA Belum Kirim Perwakilan Untuk Bahas Tatib DPRA

“Pada kesmpatan ini saya minta pada ketua DPRA, yang merupakan salah satu lembaga yang salah satu tugasnya adalah membuat peraturan perundang-undangan, jangan sampai membuat aturan yang cacat hukum,” jelas Darwati.

Baca: Tiyong Minta Majelis Hakim Tolak Gugatan PNA Kubu Irwandi

Istri Irwandi Yusuf itu menambahkan, penetapan fraksi partai mereka sejatinya wewenang DPP PNA yang dibuat dalam bentuk surat keputusan (SK), dan ditandatangani oleh ketua umum partai tersebut seperti yang terdaftar di Kemenkumham.

“Perlu saya sampaikan di sini bahwa fraksi merupakan perpanjangan tangan di DPRA, secara AD/ART Partai PNA, penetapan ketua fraksi adalah wewenang DPP PNA yang dibuat dalam bentuk SK yang ditandatangani oleh ketua umum PNA seperti yang terdaftar di Kemenkumham,” pungaskanya.

Pimpinan DPRA telah mengumumkan dan menetapkan susunan fraksi PNA periode 2019-2024. Struktural itu dibacakan oleh Ketua DPRA, Dahlan Jamaluddin di sela-sela rapat paripurna pengucapan sumpah pimpinan DPRA definitif, di Gedung DPR setempat, Jumat, 15 November 2019.

Adapun struktur Fraksi PNA yang telah ditetapkan tersebut antara lain Safrizal sebagai ketua, Muktar Daud sebagai wakil ketua, Haidar sebagai sekretaris, Darwati A Gani sebagai bendahara serta Reza Fahlevi dan Samsul Bahri alias Tiyong sebagai anggota.*(C-008)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat