News

Darurat Corona, Turis Asing Dipaksa Pulang dari Aceh Singkil

Dispar: 123.391 wisatawan kunjungi Banda Aceh
Ilustrasi, wisatawan mancanegara mengunjungi obyek wisata PLTD Apung di Banda Aceh, Aceh, Rabu (26/9/2018). Kementerian Pariwisata menargetkan sebanyak 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada 2019 dan menetapkan 10 destinasi pariwisata baru untuk menggenjot investasi pada sektor kepariwisataan.(ANTARA FOTO/IRWANSYAH PUTRA)

BANDA ACEH (popularitas.com) – 25 warga negara asing yang sedang liburan di Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh, dipaksa untuk meninggalkan wilayah tersebut.

Kebijakan itu diambil Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil, mengingat situasi wabah virus corona yang sudah mulai menyebar, dan untuk melakukan pencegahan Covid-19.

Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid sudah memastikan saat ini tidak ada lagi turis asing yang berada di Pulau Banyak. “Turis-turis yang kemarin berlibur di Pulau Banyak, sudah diimbau pulang ke negaranya masing-masing,” kata Dulmusrid saat dikonfirmasi, Selasa, 31 Maret 2020.

Dari 25 turis, kata Dulmusrid masih terdapat seorang diantaranya yang belum mau pulang, pihaknya akan memaksa turis asing tersebut agar kembali ke negaranya. Sementara sisanya, sudah beranjak dari Pulau Banyak.

“Kita akan memaksa turis tersebut angkat kaki, hari ini tim bersama kepolisian setempat akan mendatanginya untuk dipaksa pulang,” ucapnya.

Para turis asing tersebut sebelumnya telah diperiksa kesehatannya oleh tim medis. Dikabarkan satu diantaranya berstatus orang dalam pemantauan (ODP), karena mengalami gejala demam dan suhu badannya diatas batas normal.

Setelah masa karantina berakhir, turis tersebut dinyatakan sehat dan sudah diijinkan pulang ke negara asal. Pemerintah setempat akan terus melakukan protect terhadap warganya dari ancaman virus yang berasal dari Negara China tersebut.

Sekeretaris tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Aceh Singkil, Mohd Ichsan, mengatakan sebelumnya ke 25 turis ini datang ke Pulau Banyak mulai tanggal 13 Maret 2020 lalu. Mereka tersebar di beberapa tempat, seperti di Pulau Sikandang, Pulau Panjang dan Ujung Lolok, dengan tujuan untuk berwisata.

Ke 25 turis asing itu, masing-masing beraal dari Italia dua orang, Portugal dua orang, Australia dua orang, jerman tiga orang dan sisanya dari Negara Ceko. (dani)

Shares: