News

Dari 222 Desa di Pidie Jaya, 169 Sudah Salurkan BLT

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Kabupaten Pidie Jaya, Fakhrurrazi. (popularitas/Nurzahri)

PIDIE JAYA (popularitas.com) – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) dampak pandemi COVID-19 di Kabupaten Pidie Jaya, hampir sepenuhnya disalurkan oleh 222 gampong di daerah setempat.

Data dari Dinas Perberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Pidie Jaya, jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada tahap I berjumlah 16.001 KPM, seluruhnya sudah disalurkan oleh masing-masing desa, dengan anggaran Rp 9,6 miliar.

Kemudian penyaluran BLT tahap II, dari 222 desa hanya satu gampong yaitu Gampong Meue Kecamatan Trienggadeng, yang diketahui belum menyalurkan BLT lanjutan tahap I itu. Sedangkan 221 dengan jumlah KPM 15.831 sudah rampung pada pertengahan Juni 2020, Rp 9.498.600.000

Seterusnya BLT tahap III,  gampong yang sudah menyalurkan bantuan tersebut sebanyak 169 desa, yang jumlah KPM sebanyak  11.296 Kepala Keluarga, Rp 6.777.600.000.

Akumulasi anggaran Dana Desa (DD) yang dikucurkan untuk penyaluran BLT di tahap I, II dan III itu berjumla Rp 25.876.800.00, dari total DD tahun 2020 sebanyak Rp 165 miliar lebih.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Fakhrurrazi menyebutkan, sekitar 200 desa lebih di daerah setempat, sudah melakukan penarikan dana desa untuk penyaluran BLT tahap III.

“Dalam pekan ini, desa-desa di Pidie Jaya yang sudah melakukan penarikan dana desa akan menyelurkan BLT tahap III,” kata Fakhrurrazi kepada popularitas.com, Senin 13 Juli 2020.

Kata dia, dalam penyaluran BLT tersebut, beberapa gampong berinisitif menyalurkan bantuan dampak COVID-18 sumber dana desa tersebut, berbarengan dengan cairnya Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial (Kemensos) RI yang disalurkan via Pos maupun Bank.

Selain itu, BLT dana desa juga akan berlanjut untuk tiga bulan selanjutnya, hanya saja nominal yang diterima perKPM senilai Rp 300 ribu setiap tahapnya.

Diperkirakan anggaran dana desa yang dibutuhkan untuk BLT tiga tahap selanjutnya itu sebesar Rp 10 miliar lebih untuk 222 gampong di Kabupaten Pidie Jaya.

Walau BLT DD tersebut hampir rampung disalurkan hingga tiga tahap, hanya terdapat satu desa berupa Gampong Meue, Kecamatan Trienggadeng yang belum menyalurkan bantuan tahap II.

“Gampong Meue belum melakukan penarikan (dana desa untuk BLT) tahap II dan III. Salah satu gampong yang belum melakukan penarikan itu Meue,” jelasnya.

Reporter: Nurzahri

Shares: