HeadlineNews

Dalam Dua Pekan, Kasus Terinfeksi Covid-19 di Pijay Terus Melonjak

IDI Aceh Berduka Seorang Dokter Meninggal Terinfeksi Covid-19
Ilustrasi - Petugas medis dari tim Satgas COVID-19 Kabupaten Simeulue yang membawa dua pasien terkonfirmasi positif menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap saat tiba di RSU Zainal Abidin, Banda Aceh, Aceh, Rabu (13/5/2020). (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

POPULARITAS.COM – Baru dua pekan lalu usai satu warga Pidie Jaya terkonfirmasi positif Covid-19. Kini, kasus terinfeksi virus corona di daerah setempat, melonjak menjadi tujuh orang data dirilis, Minggu (30/8/2020).

Dari tujuh kasus tersebut, satu diantaranya sudah meninggal dunia, pada pertengahan Agustus 2020.

Kasus perdana yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Pidie Jaya pada 16 Agustus 2020. Pasien pertama tersebut merupakan tenaga medis yang bertugas di salah satu Puskesmas di Kecamatan Bandar Dua. Sedangkan kasus kedua positif virus corona pada 17 Agustus 2020.

Usai mendapati 2 kasus Covid-19 di Pidie Jaya, Tim Gugus kemudian melakukan tracking, dengan mengambil 41 sampel spesimen lendir hidung dan kerongkongan warga, yang kemudian dikirim Lab Unsyiah untuk dilakukan uji swab.

Sejurus kemudian uji swab itupun keluar pada Sabtu 22 Agustus 2020. Di mana dari jumlah sampel tersebut satu tenaga kesehata atau perawat RSUD Pidie Jaya, terkonfirmasi positif Covid-19, sedangkan 40 lain dilaporkan negatif.

Beranjak dari situ, Tim Gugus Covid-19 Pidie Jaya, kembali mengambil uji swab terhadap 15 warga, yang dikirim ke Lab Unsyiah pada Jumat, 28 Agustus 2020.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie Jaya, Eddy Azwar menyebutkan, hasil uji usap, tiga warga terkonfirmasi kembali positif Covid-19, hasil tersebut diterima Tim Gugus Covid-19, pada Minggu 30 Agustus 2020.

“Hasil swab 15 yang kita kirim kemarin, ada yang positif lagi tiga orang,” jelasnya.

Usai kembali terkonfirmasi tiga kasus virus Corona itu, akumulasi pasien positif Covid-19 di Kabupaten Pidie Jaya, terhitung 16 sampai dengan 30 Agustus 2020, menjadi tujuh orang.

Kecamatan-kecamatan di daerah setempat, yang menjadi penyumbag pasien positif Covid-19 itu meliputi, Kecamatan Bandar Dua tiga orang, Ulim satu orang, Meurah Dua satu orang (sudah meninggal dunia), kemudian di Meureudu satu dan terakhir Trienggadeng satu kasus.

Kata Edi, sebelum tiga kasus Covid-19 hasil swab muncul, dua hari sebelumnya satu warga yang tidak memiliki gejala maupun riwayat perjalan luar daerah juga sudah terkonfirmasi positif virus corona.

Sehingga saat ini, Tim Gugus mencatat, total kasus Covid-19 di Pidie Jaya menjadi tujuh kasus.

Dari jumlah kasus tersebut, tiga kecamatan di Kabupaten Pidie Jaya, hingga saat ini masih tercatat nihil pasien positif Covid-19. Yaitu Kecamatan Bandar Baru, Pante Raja dan Jangka Buya.

Melihat grafik paparan virus mematikan di wilayah setempat itu mulai mununjukkan tren peninggkatan hanya dalam dua pekan. Edy selaku Juru Bicara Gugus Kesehatan, mendesak masyarakat untuk menaati protokol kesehatan, dengan selalu mengenakan masker, jaga jajar, ruti cuci tangan, serta menghindari segala sesuatu yang dapat menyebabkan terjangkit virus corona.

“Masyarakat harus memperketat protokol kesehatan. Jadi jangan sampai kayak beberapa daerah lain, yang melonjak kasus Covid-19,” harapnya.[]

Reporter: Nurzahri
Editor: Acal

Shares: