Dinas Kebudayaan dan Pariwisata AcehNews

Daftar 8 Wisata Aceh yang Masuk Anugerah Pesona Indonesia Award 2020

Sabang Buka Kembali Tempat Wisata dan Transportasi Laut
Ilustrasi kapal yacht berlabuh di Sabang (VIVA.co.id)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Sebanyak delapan destinasi di Provinsi Aceh masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020 kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin.

“Dari 18 kategori yang dilombakan dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia Award 2020, Alhamdulillah delapan destinasi Aceh berhasil masuk nominasi,” kata Jamaluddin di Banda Aceh, Senin.

Ada pun delapan destinasi yang masuk nominasi tersebut masing-masing Kampung Gayo Bebesan – Aceh Tengah (API 5D), Rencong Batu – Aceh Selatan (API 6F), Surfing Samadua – Aceh Selatan (API 8G), Damaran Baru EcoVillage – Bener Meriah (API 9B), Tugu RRI Rimba Raya – Bener Meriah (API 12J), Rampoe Langsa – Langsa (API 11H), Sabang Marine Festival – Sabang (API 14I) dan Museum Tsunami – Banda Aceh (API 16G).

Ia menjelaskan untuk meraih penghargaan tersebut, perlu semangat semua pihak yang tidak hanya terbatas pada bupati/wali kota dan jajarannya, tapi seluruh masyarakat Aceh, khususnya millennial Aceh sebagai digital volunteer untuk memenangkan Aceh sebagai juara dalam kompetisi API Award 2020.

Menurut dia Aceh memiliki ragam keunikan dan pesona alam serta budaya yang tidak kalah menarik dari daerah-daerah lainnya di Indonesia dan untuk menjadi juara dalam kompetisi tersebut perlu ajakan untuk voting bersama.

Kabid Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadhani mengajak semua pihak untuk mendukung agar bisa memperoleh Anugerah Pesona Indonesia 2020 dengan cara voting atau pemungutan suara yangakan dimulai pada 1 Agustus hingga 31 Desember 2020.

“Untuk kesekian kalinya kita ikuti kontes API Award 2020, tentu ini menjadi tantangan bagi kita di tengah kondisi COVID-19 merebak di dunia, termasuk di Aceh,” katanya.

Ia menambahkan untuk pemungutan suara dilakukan dengan 4 cara yaitu melalui SMS Premium dengan mengetik keyword dan mengirim ke 99386, Video Pariwisata di Youtube Channel APIaward dengan cara suscribe dan Like, selanjutnya dengan mengikuti akun Instagram @apiaward dan menlike gambar nominasi dan dan terakhir adalah dengan cara aplikasi Android.

“Ayo semua kita bersemangat untuk terus mempromosikan pesona Aceh melalui Kompetisi Anugerah Pesona Indonesia 2020. Bila saatnya nanti COVID-19 berakhir, maka wisatawan pasti menjadikan Aceh sebagai destinasi utama untuk dikunjungi, karena Aceh itu unik, menarik, penuh sejarah dan makanannya enak di lidah wisatawan, ” tutup Rahmadhani.

Ia menambahkan ada delapan belas kategori yang dilombakan masing-masing Makanan Tradisional Terpopuler, Minuman Tradisional Terpopuler, Promosi Pariwisata Digital, Brand Pariwisata, Destinasi Belanja, Cendera Mata, Olahraga & Petualangan, Wisata Air, Ekowisata.

Kemudian Dataran Tinggi, Atraksi Budaya, Situs Sejarah, Kampung Adat, Festival Pariwisata, Destinasi Kreatif, Destinasi Unik, Destinasi Baru dan Surga Tersembunyi. (ANT)

Shares: