News

Daftar 18 Penumpang Kapal Asing yang Ditahan di Aceh

Kapal Rusia. (ist)

POPULARITAS.COM – Sebanyak 18 penumpang kapal asing ‘Super Yacth La Datcha George Town’ yang bersandar di perairan Aceh Besar beberapa waktu lalu masih bertahan atau menjalani karantina di Tanah Rencong. Orotitas setempat belum memastikan kapan ke-18 WNA itu bakal dilepas.

Kepala Kantor Wilayah Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) Aceh, Heni Yuwono menyebutkan, 18 penumpang kapal asing itu berasal dari berbagai negara. Mereka berlayar dari Maladewa menuju Singapura.

“Semua berjumlah 18 orang, berasal dari Inggris, Belanda, Spanyol, Jerman, Kanada, Filipina, Belarusia,” sebut Heni, Kamis (11/2/2021).

Dari hasil penyelidikan, kata Heni, 18 nelayan itu tidak melanggar Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian. Oleh karena itu, mereka akan dikembalikan dan tidak ditahan.

“Tadi sudah kita bicarakan. Untuk waktunya kapan akan dilepas kita matangkan lagi koordinasinya,” jelas Heni.

Dalam kesempatan itu, Heni juga menjelaskan bahwa pihaknya tak diintervensi pihak mana pun terkait pelepadan ke-18 warga asing itu. Bahkan, Kemenkum dan HAM memerintahkan agar menangani permasalahan ini dengan serius.

“Tidak ada intervensi, justru dari Kemenkum dan HAM Pak Dirjen dan Sekjend menekankan kepada kami untuk menindak atau menangani permasalahan ini sesuai undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian,” jelasnya.

“Kementerian kami langsung merespon cepat untuk melakukan koordinasi terkait ini. Pemeriksaan bersama dan apabila ada unsur-unsur kesengajaan pelanggaran agar dikenakan undang-undang. Apabila tidak, kita laksanalan sesuai undang-undang itu juga,” ucap Heni.

Daftar 18 Penumpang Kapal Asing yang Sempat Ditahan di Aceh

  1. Alexander Baronjan (Jerman)
  2. Georges Smith (Inggris)
  3. Matthew Kirton (Inggris)
  4. Lewis Myersallen (Inggris)
  5. Joseph Stefan Williams (Inggris)
  6. Tomas William Jewell (Inggris)
  7. Luke Bainbridge (Inggris)
  8. Jem Sylan Payne (Inggris)

9.Liam O’brien (Inggris)

  1. Olivia Catherine Tew (Inggris)
  2. Alaksandr Mikhalchuk (Belarusia)
  3. Nicky Thomas Fredriks (Belanda)
  4. Gabriel Salar Oja (Philipina)
  5. Katrina Sonia D’artois broad (Kanada)
  6. Demi Yoka Nagel (Belanda)
  7. Arturo Segundo Lope Gomez (Spanyol)
  8. Alex Trass. (Belanda)
  9. Rudolf Nellissen (Belanda)

Editor: dani

Shares: