News

Curah Hujan Berkurang, BMKG Ingatkan Potensi Kebakaran

Petugas kepolisian berusaha memadamkan api saat terjadinya kebakaran lahan kebun kelapa sawit di lahan gambut milik masyarakat di Desa Lamie, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh. (FOTO ANTARA/HO-BPBD)

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan potensi terjadi kebakaran di Provinsi Aceh pada Rabu (17/2/2021). Hal ini seiiring dengan fenomena cuaca yang semakin sedikit dari hujan maupun curah hujan.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun I Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar, Zakaria Ahmad mengatakan, daerah-daerah yang potensi mudah terjadi kebakaran adalah Aceh Tamiang, Aceh Timur, Aceh Utara, Lhokseumawe, dan sebagian besar Bireuen bagian utara.

Kemudian, Pidie Jaya bagian utara, sebagian besar Pidie bagian utara, Aceh Besar, Banda Aceh, Sabang, Aceh Jaya, Aceh Barat, dan Nagan Raya bagian barat dan selatan.

“Juga sebagian Aceh Barat Daya bagian selatan, Aceh Selatan bagian selatan dan timur, Subulussalam, Aceh Singkil, Aceh tenggara bagian selatan,” sebut Zakaria, Rabu (17/2/2021).

Karena itu, kata Zakaria, BMKG mengimbau agar masyarakat waspada serta tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan di tengah cuaca yang panas ini.

“Masyarakat juga harus hati-hati dalam membakar sampah, kalau memang dibakar harus diawasi,” jelas Zakaria.

Editor: dani

Shares: