Cuaca Panas, BMKG Ingatkan Tidak Bakar Lahan Sembarangan

POPULARITAS.COM – Kondisi cuaca untuk wilayah Kota Lhokseumawe dan sekitarnya terasa panas dan menyengat, hal tersebut disebabkan karena posisi matahari sedang menuju ke posisi equator atau tepat di garis Khatulistiwa.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Lhokseumawe Kharendra Muiz, Jumat (9/2/2018) mengatakan, suhu udara di Kota Lhokseumawe dan sekitar mencapai 33 derajat Celsius.

“Saat ini suhu udaranya mencapai 33 derajat Celsius, sehingga terasa panas dan menyengat. Meskipun demikian, kondisi cuaca ini belum termasuk ekstrem, serta tidak berpotensi terjadi kekeringan,” ujar Kharendra.

Kharendra menambahkan, saat sekarang ini tidak ada terjadi pembentukan awan-awan konvektif atau awan penghujan, sehingga matahari menyinari langsung tanpa ada hambatan, sehingga menyebabkan suhu udara menjadi meningkat.

Dirinya mengimbau kepada semua kalangan untuk saling menjaga dan jangan membakar lahan secara sembarangan, sengan kondisi panas seperti sekarang ini bisa menyebabkan terjadinya kebakaran lahan, serta menyebabkan kabut asap.

“Nantinya di bulan Juni dan Agustus mendatang, diperkirakan suhu udara menjadi meningkap mencapai 34 serajat Celsius. Hal itu disebabkan karena posisi matahari tepat berada di equator,” tutur Kharendra.[acl]

Reporter : Muhammad Agam Khalilullah

-ads-

-ads-

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.