News

Corona Melonjak, Mursil Harap Warga Aceh Tamiang Tidak Panik

Aceh Tamiang Masih Belajar Daring
Bupati Aceh Tamiang, H.Mursil

ACEH TAMIANG (popularitas.com) – Masyarakat Kabupaten Aceh Tamiang diminta untuk tidak panik dengan kondisi covid-19. Namun demikian harus juga mematuhi protokol kesehatan, sebagaimana sudah ditetapkan serta jujur ketika menyampaikan riwayat perjalanan.

“Masyarakat Aceh Tamiang harus jujur dalam menyampaikan riwayat perjalanan sehingga penyebaran tidak sulit terdeteksi, jika masyarakat masih menutup diri, tentunya menjadi sulit dalam memutuskan mata rantai penyebarannya,” Kata H. Mursil, Bupati Aceh Tamiang pada Rabu, 5 Agustus 2020, dalam silahturahmi dengan beberapa tokoh masyarakat dan sekaligus menanggapi kabar  belasan dokter yang bertugas di rumah sakit Aceh Tamiang yang terpapar Covid 19.

Disampaikannya, dalam memberikan pelayanan medis bagi masyarakat di rumah sakit terus berjalan seperti biasa. “Sejumlah dokter yang bertugas di Puskesmas diperbantukan untuk pelayanan di rumah sakit umum Aceh Tamiang dan menunggu belasan dokter yang telah menjalani isolasi mandiri melewati masa inkubasinya selama 10 hari,” ujar Mursil seraya mengatakan, para dokter itu nantinya akan ditugaskan kembali serta dokter dari Puskesmas akan bertugas kembali ke Puskesmasnya masing-masing.

Ditegaskannya, untuk penanganan penyebaran Covid -19 akan terus dilakukan secara maksimal dengan meningkatkan satuan tugas Covid 19 seperti menempatkan petugas di posko perbatasan Aceh-Sumatara Utara (Sumut).

“Aceh Tamiang, mendapat bantuan khusus dari Pemerintah Aceh, senilai Rp 15 miliar dan diharapkan dengan dana tersebut dapat membantu masyarakat terutama terhadap masyarakat terdampak Covid 19,” tutur H. Mursil.

Dalam penjelasannya, adapun bantuan khusus senilai Rp15 miliar itu juga diutamakan untuk meningkatkan ketahanan pangan. Kelangkaan pangan menjadi prioritas yang harus diperhatikan secara serius karena dampak dari Covid 19, ekonomi masyarakat dunia terjadi penurunan secara signifikan,” ucapnya.

Dari bantuan khusus ini, kata dia juga akan digunakan untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD), disenfektan, sanitizer, masker dan obat, tapi hal paling penting juga adalah dukungan masyarakat harus terjalin dengan baik terutama kepada petugas kesehatan di RSUD Aceh Tamiang ataupun Puskemas yang tersebar di wilayah ini.

Reporter: Yusri

Shares: