CJH Sabang mulai manasik persiapan berangkat kloter pertama Aceh

POPULARITAS.COM – Sebanyak 19 orang calon jamaah haji (CJH) asal Kota Sabang, Aceh mulai mengikuti bimbingan manasik haji yang digelar Kementerian Agama kota setempat, sebagai kelompok terbang (kloter) pertama yang akan berangkat ke Tanah Suci pada musim haji 2022.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sabang Mukhlis, Sabtu (28/5/2022), mengatakan, manasik merupakan salah satu kewajiban bagi mereka dalam penyelenggaraan haji dan menjadi hak para calon jamaah haji.

“Manasik merupakan kewajiban dari kami, dan hak CJH. Karena jumlah CJH hanya sedikit, jadi kita gabungkan dua kecamatan, dan ini diperkenankan oleh aturan,” kata Mukhlis.

Kegiatan ini, lanjut dia, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para CJH asal kota paling barat Indonesia itu tentang tahapan ibadah sebelum dan selama di Tanah Suci. Bimbingan manasik berlangsung mulai 27-30 Mei mendatang.

Ia berharap para jamaah dapat mengikuti seluruh tahapan haji, bimbingan manasik haji dengan baik, sehingga seluruh tahapan dan pelaksanaan haji dapat berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah, calon jemaah haji Sabang akan berangkat pada kloter pertama. Semoga dengan bimbingan manasik ini dapat menjadikan calon jamaah haji menjadi haji mandiri saat berada di tanah suci nanti,” kata Mukhlis.

Sementara itu, Staf Ahli Wali Kota Bidang Keistimewaan Aceh, Kesejahteraan Rakyat, dan Sumber Daya Manusia Pemerintah Kota Sabang M Yusra berharap ada penambahan kuota jamaah bagi Aceh dalam keberangkatan jamaah haji tahun depan.

“Yang terpenting adalah menjaga kesehatan. Kali ini kita hanya 19 orang CJH, ke depan semoga jumlah ini akan bertambah. Mudah-mudahan bisa dua kali lipat, sehingga antrian pemberangkatan untuk tahun-tahun mendatang nanti bisa lebih berkurang,” kata Yusra.

Kegiatan ini dipandu Kabag TU Kemenag Sabang Murdani, yang dibantu sejumlah pembimbing haji lain. Setelah mengikuti bimbingan manasik haji, para CJH juga akan melaksanakan pemeriksaan usap PCR guna mendeteksi COVID-19, selama 72 jam sebelum keberangkatan menuju Arab Saudi.

Untuk pemeriksaan usap PCR, Kemenag Kota Sabang akan berkoordinasi kembali dengan Dinas Kesehatan Sabang dan Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Sabang.

“Selanjutnya CJH Sabang akan berangkat menuju Banda Aceh pada 14 Juni mendatang dan dijadwalkan terbang menuju Jeddah pada 15 Juni 2022,” katanya. (ANT)

Comments
Loading...