News

Cina mulai bangun PLTA di Gayo Lues

Cina mulai bangun PLTA di Gayo Lues
Ilustrasi, proses pembangunan PLTA Peusangan di Desa Remeson, Kecamatan Sili Nara, Kabupaten Aceh Tengah, Selasa (6/4/2021) sore. (Muhammad Fadhil/popularitas.com)

POPULARITAS.COM – Pemerintah Kabupaten Gayo Lues menyambut kedatangan investor tim China Huadian Hongkong Company, yang akan membangun Perusahaan Listrik Tenaga Air (PLTA) di Kecamatan Tripe Jaya.

Kedatangan investor itu diterima langsung oleh Wakil Bupati Gayo Lues H Said Sani, yang didampingi Sekda, Rasyidin Porang, Asisten II Irwansyah, dan beberapa kepala SKPK lainnya di Blangkejeren, Senin (22/8/2022).

Investor yang bergerak di bidang energi itu merupakan perusahaan terbesar nomor tiga di dunia yang sudah banyak membangun PLTA dan PLTU di seluruh Indonesia.

Wakil Bupati Gayo Lues H Said Sani, mengatakan investor China Huadian Hongkong Company, yang nantinya akan dipercayakan untuk membangun PLTA di Kecamatan Tripe Jaya.

Seharusnya kata Said, mereka sudah mulai bekerja tahun lalu, namun karena dilanda pandemi COVID-19, sehingga proyek ini ditunda, dan saat ini mereka akan memulai pembangunan PLTA tersebut, sembari melengkapi segala administrasi,” jelas Said.

Sementara She Tie, Direktur China Huadian Hongkong Company mengaku, jika proyek sudah berjalan dan hasilnya akan bermanfaat bagi kedua belah pihak, terutama terhadap ekonomi masyarakat serta mengurangi angka pengangguran.

Selain itu kata She Tie, ia mengaku sebelumnya telah mendalami tatanan kehidupan lokal dan keburuhan perusahaan, mereka yakin dengan keputusan dan yakin membawa keuntungan bagi kedua pihak dalam kerja sama ini.

Ia berjanji akan terus membuka pintu masukan dengan para pihak lainnya. (ant)

Shares: