China dan Korea Tertarik Garap Proyek Bendungan Jambo Aye di Aceh

POPULARITAS.COM – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menawarkan kerja sama proyek Bendungan Jambo Aye di Aceh melalui skema Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Imam Santoso mengatakan, investor dari China dan Korea Selatan menyatakan berminat untuk turut serta dalam pembangunan bendungan tersebut. Saat ini, pemerintah tengah berkomunikasi dengan calon investor itu.

“Lagi Korea dan China, ada beberapa yang berminat kami berikan profilnya. Biasanya mereka (investor) minta profil, kita berikan mereka, mereka pelajari dulu. Tapi ada satu potensi yang bisa kita berikan,” ungkapnya di Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (29/1/2018) seperti dikutip dari merdeka.com.

Imam menegaskan, proyek ini memiliki nilai komersial karena menyimpan potensi penghasil listrik. Kapasitas listrik diproyeksikan sebesar 106 megawatt (MW). Harapannya, kerja sama tersebut bakal terlaksana pada tahun ini.

“Kita mau coba (KPBU) satu bendungan yang di Jambo Aye di Aceh. Itu mau kita coba, karena listriknya cukup besar dan investor juga minat,” kata dia.

Nilai investasi untuk Bendungan Jambo Aye sekitar Rp 4 triliun. Nilai tersebut hanya kontruksi, belum pada nilai tanah. “Tanahnya belum. Tanahnya bisa masuk LMAN, bisa tidak. Nanti kita bicarakan,” tandas Imam. [acl]

-ads-

-ads-

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.