Cempala Kuneng dan Melinjau Jadi Maskot PORA XIV

POPULARITAS.COM – Maskot dan Logo Pekan Olah Raga Aceh (PORA) XIV tahun 2022, yang dijadwalkan akan digelar di Kabupaten Pidie, telah resmi diluncurkan.

Di mana buah melinjau yang merupakan ciri khas Kabupaten Pidie dinobatkan sebagai logo PORA XIV, dan Cempala Kuneng sebagai Maskotnya.

Peluncuran Maskot dan Logo PORA 14 itu dilakukan di Oprom kantor Bupati Pidie, Jumat (23/4/2021).

Ketua Panitia Pelaksana PORA XIV 2020 Buchari menyebutkan, pemilihan buah melinjau sebagai logo pada pekan olah raga Aceh dengan tuan Rumah Kabupaten Pidiei itu sebagai langkah mengangkat kearifan lokal.

Di mana daerah setempat, merupakan salah satu wilayah penghasil emping melinjau terbesar di Aceh.

“Logo itu perlu mengangkat kearifan lokal, salah satunya adalah melinjau sebagai bahan baku pembuatan emping melinjo dan sumber perekonomian masyarakat,” kata Buchari.

Sedangkan pemilihan Cempala Kuneng sebagai maskot, juga memiliki filosofi yang sangat dalam. Di mana burung tersebut memiliki kegesitan serta bersuara nyaring.

Sementara itu, Wakil Bupati Pidie, Fadhlullah TM Daud sangat Optimis, hajatan Pekan Olah Raga Aceh yang direncanakan akan dilaksanakan pada Juni 2022, akan berjalan lancar.

Dikatakan, pemerintah setempat, memiliki beberapa target kesuksesan dalam perlombaaan olah raga tingkat Aceh itu. Diantaranya, Pidie yang betindak sebagai tuan rumah sukses menyelengarakan PORA XIV.

“Kemudian, sukses dalam hal pembanguan daerah setempat, dan sukse membangun Venue-venue olahraha berstandar nasional,” jelasnya.

Sehingga usai pelaksanaan PORA XIV nantinya, Kabupaten Pidie akan menjadi daerah dengan infrastruktur olah raga terlengkap di Provinsi Aceh.

Editor: dani

-ads-

-ads-
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.