News

Cegah Penyebaran COVID-19, Pidie Jaya Tunda MTQ Tahun 2020

Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Pidie Jaya, Jailani. (popularitas.com/Nurzahri)

PIDIE JAYA (popularitas.com) – Pemerintah Pidie Jaya, akan menunda penyelenggaraan event Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke VII tingkat kabupaten, tahun 2020, akibat kondisi wabah pandemi COVID-19.

Keputusaan penundaan even itu, diambil Pemkab Pidie Jaya sebagai langkah preventif dalam melakukan pencegahan penyebaran wabah virus corona merebak ke masyarakat setempat.

Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Pidie Jaya, Jailani menyebutkan, jika tahun-tahun sebelum virus mematikan itu merebak ke Indonesia, khususnya Aceh, rutin digelar pada September, kini perlombaan literasi agama masyarakat di delapan kecamatan terpaksa harus ditunda, demi kemaslahatan bersama.

Lanjut mantan Staf Ahli Pidie Jaya itu, bahkan pemerintah sendiri, sudah menetapkan protokol kesehatan, berupa peniadaan segala bentuk acara yang berpontensi berkumpulnya massa dalam jumlah yang banyak, guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Jadi tahun 2020 ini, karena keadaan sedang pandemi COVID-19, event MTQ Pidie Jaya ditunda, untuk mencegah berkumpulnya massa, sebagaimana protokol kesehatan yang ditetapkan Pemerintah,” kata Jailani, Selasa 30 Juni 2020.

MTQ ke VII, yang semula dijadwal akan diselengarakan di Kecamatan Jangka Buya itu, akan kembali dilaksanakan pada tahun 2021.

“Sebelum COVID-19 ini, MTQ tahun ini tuan rumahnya Kecamatan Jangka Buya, bahkan lokasinya sendiri sudah pernah disurvey. Namun terpaksa ditunda,” jelasnya.

Dari delapan kecamatan di Kabupaten Pidie Jaya, enam diantaranya masing-masing, Bandar Baru, Bandar Dua, Ulim, Trienggadeng, Meureudu, Meurah Dua sudah pernah digelar MTQ tingkat kabupaten itu.

“Nanti kalau di Kecamatan Jangka Buya juga sudah menjadi tuan rumah, tahun berikutnya akan kita laksanakan di Kecamatan Pante Raja,” ujarnya.

Reporter: Nurzahri

Shares: