Cegah Masuk Sarden Mengandung Cacing, BBPOM Banda Aceh Menggelar Sidak

POPULARITAS.COM – Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Banda Aceh menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah tempat perbelanjaaan guna mengantisipasi peredaran sarden yang mengandung cacing.

Pusat perbelanjaan pertama disidak adalah Suzuya Mall yang merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Banda Aceh. Selanjutnya, BBPOM Banda Aceh, Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan Pedagangan menggelar sidak ke sejumlah supermarket dan minimarket lainnya.

Di Suzuya Mall, Kepala BBPOM Banda Aceh, Zulkifli juga sempat masuk dalam gudang untuk memeriksa sarden merek Mackerel yang mengandung cacing. Sarden mereka tersebut merupakan priduk impor dari Malaysia. Namun, petugas tidak menemukan sarden tersebut.

Kepala BBPOM Banda Aceh, Zulkifli mengaku, sarden jenis ini sudah pernah ditemukan di Pekan Baru dan Batam. Sarden yang mengandung cacing ini bila dimakan oleh masyarakat akan sangat berbahaya untuk kesehatan.

“Tidak kita temukan sarden tersebut di sini (Suzuya Mall) dan beberapa pusat perbelanjaan lainnya,” kata Zulkifli, Kamis (22/3/2018) di Banda Aceh.

Katanya, BBPOM Banda Aceh akan terus melakukan pengawasan terhadap makanan yang tak layak dikonsumsi oleh masyarakat. Terutama sarden yang mengandung cacing tersebut yang diimpor dari Malaysia.

“Kami sudah periksa juga di database, tidak ada sarden tersebut,” tegasnya.

Bila pun nanti ditemukan, sebutnya, BBPOM Banda Aceh akan mengamankan barang tersebut dan mencari tau siapa distributornya. “Kalau terdapat, kita tanya distributor dan akan kita tindak,” imbuhnya.[acl]

Comments
Loading...