News

Cegah Kemacetan, Pidie Jaya Bangun Jalan Dua Jalur

Cegah Kemacetan, Pidie Jaya Bangun Jalan Dua Jalur

PIDIE JAYA (popularitas.com) – Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya bangun jalan dua jalur lintas nasional di kawasan Kecamatan Bandar Baru. Jalan ini untuk mencegah terjadinya kemacetan dan membuka akses ekonomi masyarakat.

Jalan tersebut dibangun di bekas jalur rel kereta api di Gampong Keude Lueng Putu dengan lebar 14 meter dan panjang 26 meter menghabiskan anggaran Rp 9,5 miliar.

Bupati Pidie Jaya, Aiyub Abbas mengatakan, jalan tersebut hanya dipergunakan kendaraan dari arah Medan menuju Banda Aceh. Sedangkan arah sebaliknya tetap menggunakan jalan utama.

“Ini adalah program kami untuk membuka akses jalan baru di lintasan nasional. Dengan adanyan jalan itu, kemacetan di pusat Keude Lueng Putu dapat teratasi,” kata Aiyub Abbas, Senin (20/7/2020).

Aiyub Abbas mengaku meyakini jalan itu selain dapat mengurai kemacetan, juga akan sangat berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya juga telah mengalokasikan anggaran untuk pembukaan jalan baru mulai dari Lueng Putu hingga Simpang Blang Gapu, Kecamatan Bandar Baru sepanjang 800 meter.

“Anggarannya sudah dikucurkan sekitar Rp 2 miliar,” jelasnya.

Lanjutnya, untuk pengaspalan pemerintah Pidie Jaya akan mencari sumber-sumber lain pada tahun yang akan datang. Baik dari APBA dan APBN, sehingga jalan baru yang diprogramkan ini dapat difungsikan.[acl]

Reporter: Nurzahri

Shares: