Cas HP Kini Bisa Lewat Udara

POPULARITAS.COM – Motorola memamerkan teknologi pengisian lewat udara untuk mengisi baterai handphone (hp) yang dinamai Space Charging.

Melalui akun media sosial China Weibo, Motorola mem-posting tentang rincian mengenai teknologi yang diberi nama Space Charging. Salah satu rincian yang dijelaskan adalah kemampuan untuk mengisi daya beberapa gawai sekaligus dalam radius 3 meter.

Belum bisa dipastikan kapan teknologi Space Charging milik Motorola ini akan dijual di pasaran. Namun, salah satu eksekutif di Lenovo memberikan isyarat bahwa produk ini hampir siap dilepas ke pasar.

Motorola sempat menunjukkan teknologi ini secara singkat tak lama setelah Xiaomi memperkenalkan Mi Air Charge. Xiaomi adalah merk ternama pertama yang memperkenalkan teknologi pengisian daya melalui udara.

Pada pengenalan awalnya teknologi Space Charging milik Motorola hanya mampu melakukan pengisian daya pada gawai berjarak satu meter saja, namun kini Motorola telah melakukan pengembangan mengenai masalah keterbatasan jarak ini.

Motorola mengatakan teknologi Space Charging kini bisa melakukan pengisian daya pada empat gawai sekaligus.Motorola juga mengklaim teknologi ini bisa melakukan pengisian daya pada gawai yang berada pada jarak 3 meter dan area seluas 100 derajat dari stasiun pengisian.

Teknologi Space Charging memiliki 1600 antena yang melakukan pemindaian secara rutin pada gawai yang ada di sekitarnya. Teknologi ini diklaim memiliki pengisian daya yang stabil.

Dilansir dari Gizmochina, Motorola yang kini menjadi sub brand dari Lenovo ini mengatakan jika Space Charging bisa mengisi daya melewati kertas, kulit, dan objek sejenis. Namun untuk keamanan, pengisian daya akan berhenti ketika terdeteksi keberadaan manusia lewat ‘teknologi monitoring biologis’.

Tidak ada pernyataan resmi mengenai kecepatan pengisian daya pada teknologi Space Charging. Namun sebuah akun bernama ‘Digital Chat Station’ mengatakan Space Charging memiliki daya maksimum pengisian di 5 Watt, seperti disebut Android Authority.

Kecepatan pengisian ini tergolong sangat lambat di era pengisian baterai cepat hingga 65 W. Apalagi kapasitas baterai ponsel zaman sekarang lumayan besar dikisaran 4000 mAh dan 5000 mAh.

Sumber: CNN

Comments
Loading...