News

Cara Cek Kuota Pelajar Kemendikbud yang Disalurkan Hari Ini

Cabdin Pendidikan Aceh, Sabang Gandeng IGI Latih Guru
FOTO ARSIP - Siswa MIN 5 Kota Banda Aceh mengikuti proses belajar secara daring di rumahnya setelah menerima materi pelajaran yang dikirim gurunya melalui whatsapp grup di Banda Aceh, Rabu (18/3/2020). (FOTO ANTARA/Khalis)

POPULARITAS.COM – Pengguna layanan seluler Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Tri, dan Smartfren bisa mengecek kuota pelajar yang disalurkan hari ini oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) hari ini.

Mendikbudristek Nadiem Makarim mengumumkan mulai menyalurkan bantuan kuota internet kepada 24,4 juta pelajar dan pengajar yang nomornya telah berhasil diverifikasi dan divalidasi.

Ia mengatakan bahwa kuota data internet ini diperlukan untuk mendukung pembelajaran di masa pandemi yang berlangsung secara tatap muka terbatas maupun pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan bahwa kuota data internet ini diperlukan untuk mendukung pembelajaran di masa pandemi yang berlangsung secara tatap muka terbatas maupun pembelajaran jarak jauh (PJJ). Salah satu aplikasi yang sering digunakan dalam PJJ adalah Youtube, Google Meet, dan Zoom.

Berikut rincian kuota pelajar dibedakan berdasarkan jenjang pendidikan:

Siswa PAUD mendapat 7 gigabyte per bulan

Siswa pendidikan dasar dan menengah 10 gigabyte per bulan

Guru 12 gigabyte per bulan

Mahasiswa dan dosen 15 gigabyte per bulang

Untuk mengecek apakah pembagian kuota sudah diterima, berikut cara untuk mengetahui pencairan kuota pelajar di operator Indosat, Telkomsel, XL, Tri, dan Smartfren.

Cara cek kuota pelajar di Indosat Ooredo
Ketik USSD *123*075#, lalu pilih “Status & Cek Kuota”. Informasi akan dikirim via SMS. Ada pula cara lain, yakni lewat mengunduh aplikasi myIM3, dan masuk ke menu ‘data.’

Cara cek kuota pelajar XL Axiata
Untuk mengecek kuota internet gratis Kemendikbud pada provider XL, ketik USSD *123*7*1#, lalu pilih ‘Cek Kuota’ atau dengan membuka aplikasi AxisNet.

Cara cek kuota pelajar Tri/3

Pengecekan bagi pengguna 3 dapat dilakukan melalui USSD *123*1083#, lalu pilih menu informasi kuota. Operator secara otomatis akan mengirim informasi data internet lewat SMS. Pengecekan juga bisa dilakukan lewat aplikasi Bima+, informasi kuota akan muncul di halaman utama saat membuka aplikasi.

Cara cek kuota pelajar Telkomsel
Bagi pengguna Telkomsel, ketik USSD *888# lalu pilih cek pulsa dan kuota, kemudian pilih cek kuota. Informasi sisa kuota akan muncul di tampilan layar pengguna. Aplikasi myTelkomsel juga bisa digunakan untuk mengecek besar kuota Kemendikbud yang diterima.

Cara cek kuota pelajar Smartfren
Pengguna Smartfren dapat mengeceknya melalui USSD *995#, lalu informasi akan dikirim via SMS secara otomatis. Jika mengecek lewat aplikasi MySmartfren, buka tampilan menu ‘Paket Saya’.

Daftar aplikasi yang diblokir kuota Kemendikbud
Meskipun digunakan untuk mengakses internet, kuota yang dibagikan secara cuma-cuma ini tidak dapat digunakan untuk mengakses aplikasi media sosial atau game.

Tetapi, kuota yang dibagikan itu diperuntukkan agar memudahkan dalam mengakses platform yang menunjang PJJ, di antaranya Youtube, Google Meet dan masih banyak lagi.

Sumber: CNN

Shares: