News

Calon haji Aceh diminta batasi barang bawaan ke Tanah Suci

Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Aceh meminta calon jamaah haji (CJH) Aceh agar tidak membawa barang berlebihan ke Tanah Suci, guna memastikan kelancaran dan kenyamanan jamaah dalam menunaikan ibadah haji.
Ilustrasi, jemaah calon haji (JCH) menyalami kerabat sebelum bertolak ke Arab Saudi pada musim haji 2019 di Asrama Haji Embarkasi Banda Aceh, Rabu (24/7/2019). FOTO: Muhammad Fadhil/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Aceh meminta calon jemaah haji (CJH) Aceh agar tidak membawa barang berlebihan ke Tanah Suci, guna memastikan kelancaran dan kenyamanan jamaah dalam menunaikan ibadah haji.

“Kami ingatkan kepada setiap jamaah agar tidak membawa barang bawaan yang dilarang dan berlebihan, baik saat berangkat maupun ketika kembali ke Tanah Air,” kata Kepala Kanwil Kemenag Aceh Iqbal di Banda Aceh, Senin (13/6/2022).

Dijelaskan Iqbal, masing-masing calon jemaah haji dibatasi membawa barang hanya seberat 32 kilogram untuk isi koper dan tujuh kilogram isi tas tangan.

Pembatasan barang bawaan tersebut tidak hanya saat pemberangkatan atau embarkasi, tetapi begitu juga untuk kepulangan atau debarkasi ke Tanah Rencong.

Selain koper dan tas tangan, kata dia, pihak maskapai juga memberikan tas paspor kepada setiap jemaah.

“Jadi total ada tiga tas. Tas koper, tas tangan dan tas paspor,” katanya.

Di samping itu, kata Iqbal, dirinya sudah meninjau persiapan asrama haji embarkasi Aceh untuk memastikan semua fasilitas berjalan dengan baik, seperti ruang makan, tempat transit, x-ray, pengukuran berat barang, tempat penerimaan dan aula pelepasan jamaah haji.

Kemenag Aceh komitmen untuk memberi pelayanan terbaik pada musim haji tahun pertama pasca pandemi COVID-19 ini, sehingga tidak ada jamaah yang tidak mendapatkan pelayanan.

“Kita berharap dan berdoa semoga perjalanan haji perdana ini, mulai dari berangkat hingga pulang dapat berjalan tertib, semua pelayanan prima dan maksimal,” katanya.

Jamaah haji Aceh akan terbang ke Arab Saudi melalui Bandara Internasional SIM Blang Bintang Banda Aceh. Kloter pertama masuk asrama haji pada Selasa (14/6/2022) besok, dan jamaah akan berangkat ke Tanah Suci sekitar pukul 01.25 WIB dini hari.

Musim haji tahun ini Aceh memberangkatkan jamaah sebanyak 1.988 orang ditambah petugas sebanyak 34 orang, sehingga total 2.022 jamaah. Semua jamaah akan diterbangkan dalam enam kloter, masing-masing kloter 393 orang terdiri atas lima kloter penuh dan satu kloter campuran.

“Dalam kloter campuran, jamaah asal Aceh akan bergabung dengan sebagian jamaah Medan, Sumatera Utara,” katanya. (ANT)

Shares: