News

Cabdin Pendidikan Aceh, Sabang Gandeng IGI Latih Guru Selama Covid-19

Cabdin Pendidikan Aceh, Sabang Gandeng IGI Latih Guru
FOTO ARSIP - Siswa MIN 5 Kota Banda Aceh mengikuti proses belajar secara daring di rumahnya setelah menerima materi pelajaran yang dikirim gurunya melalui whatsapp grup di Banda Aceh, Rabu (18/3/2020). (FOTO ANTARA/Khalis)

POPULARITAS.COM – Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Sabang, Abdul Hamid mengatakan, meskipun pandemi Covid-19 melanda Aceh, dunia pendidikan harus mencari terobosan baru untuk meningkatkan dan memenuhi pendidikan yang berkualitas.

Selama wabah virus corona melanda nusantara ini, sistem pembelajaran di semua jenjang pendidikan tidak lagi dilakukan secara tatap muka. Tetapi terpaksa harus menggunakan secara daring atau jarak jauh dengan menggunakan berbagai aplikasi secara daring.

Kapasitas dan kualitas guru di tengah pandemi harus terus dikembangkan. Terlebih kemampuan penggunaan teknologisasi, agar pendidikan tetap berjalan dengan baik.

Abdul Hamid mengaku, untuk meningkatkan kapasitas guru. Pihaknya menggandeng Ikatan Guru Indonesia (IGI) untuk melatih guru pemanfaatan Microsoft Office.

Begitu juga melatih guru penggunaan ruang virtual Microsoft Teams untuk memudahkan menyampaikan materi kepada siswa, termasuk belajar bagaimana cara penggunaan video yang hemat kuota via class notebook.

Guru di Sabang juga dilatih cara membuat absensi otomotif secara daring, cara penggunaan video conference serta dapat membuat ujian secara daring melalui microsoft form.

“Hasil pengawasan kita perlu membuat pelatihan untuk guru. Termasuk bagaimana cara menyusun soal HOTS,” kata Abdul Hamid.

Katanya, Kota Sabang sudah mulai diterapkan pembelajaran secara tatap muka. Setelah kota wisata ini ada perubahan status zona orange. Gugus tugas penanganan Covid-19 Sabang telah mengizinkan belajar tatap muka.[]

Shares: