Dinas Kebudayaan dan Pariwisata AcehNews

Burni Telong Festival 2021 Tampilkan Kombinasi Seni dan Budaya Gayo

POPULARITAS.COM – Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh menggelar Burni Telong Festival 2021 untuk pertama kalinya secara virtual (live delay) pada 29-30 Oktober 2021. Pagelaran ini berhasil memukau masyarakat dunia.

Rangkaian kegiatan Burni Telong Festival kali ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Event ini diharapkan dapat mempromosikan kesenian dan budaya Aceh di kancah nasional dan internasional.

Pagelaran ini menampilkan kombinasi antara seni, budaya Gayo dan unsur alam gunung Burni Telong dengan tema “Harmoni dalam Budaya” dan disiarkan melalui kanal YouTube Disbudpar Aceh.

Kepala Disbudpar Aceh Jamaluddin melalui Kabid Bahasa dan Seni Disbudpar Aceh, Nurlaila Hamjah mengungkapkan, industri pariwisata di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk Pulau Sumatera sudah mulai bangkit dan berperan dalam mendukung upaya pemeliharaan dan penguatan nilai-nilai sosial budaya serta membangun kesadaran masyarakat terhadap upaya konservasi lingkungan.

“Even ini merupakan kemasan kegiatan seni dan budaya yang digelar secara virtual, di mana kombinasi antara seni, budaya Gayo dan unsur alam Gunung Burni Telong yang dilakukan secara visual dengan pementasan panggung yang menarik,” ungkap Nurlaila.

Budaya dan seni mempunyai pengaruh yang sangat kuat dalam genesis kesenian tradisional Aceh. Kesenian tersebut mampu memberikan kontribusi yang sangat besar dalam pencapaian target pariwisata.

“Rangkaian tersebut kita tayangkan melalui kanal YouTube Disbudpar Aceh dan platform digital lainnya,” jelasnya.

Burni Telong Festival 2021 ini mendapat apresiasi dari Wakil Ketua DPR Aceh, Hendra Budian yang ikut serta dalam pembukaan Burni Telong Festival 2021. Hendra mengaku, kegiatan tersebut sangat baik dalam mempromosi Aceh dan peningkatan ekonomi rakyat.

“Dengan terlaksananya event seperti ini, tentu dapat meningkatkan taraf perekonomian pelaku seni di tengah pandemi Covid-19 yang masih terjadi saat ini,” sebut Hendra Budian.

Sebagai pimpinan DPR Aceh, kata Hendra Budian, pihaknya sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang mampu mendongkrak ekonomi rakyat.

“Kami di parlemen sangat mendukung setiap kegiatan yang dapat mendongkrak ekonomi rakyat, baik melalui seni maupun pariwisata,” katanya.

Shares: