InsfrastrukturNews

Bupati Aceh Jaya resmikan sistem pengolahan air limbah domestik terpusat

Bupati Aceh Jaya Irfan TB, meresmikan sarana sanitasi berbasis masyarakat (SANIMAS) tahun anggaran 2021 berupa sistem pengolahan limbah air domestik terpusat (SPALD-T), di Gampong Gle Putoh, Sampoiniet. Kegiatan tersebut berlangsung, Kamis (4/11/2021).
Bupati Aceh Jaya resmikan sistem pengolahan air limbah domestik terpusat
Bupati Aceh Jaya yang diwakili Kepala Dinas PUPR, Heri Etika, saat meresmikan dan sekaligus serah terima sarana sanitasi berbasis masyarakat berupa Sisten pengolahan air limbah domestik terpusat (SPALD-T) di Gampong Gle Putoh. FOTO : Ist

POPULARITAS.COM – Bupati Aceh Jaya Irfan TB, meresmikan sarana sanitasi berbasis masyarakat (SANIMAS) tahun anggaran 2021 berupa sistem pengolahan limbah air domestik terpusat (SPALD-T), di Gampong Gle Putoh, Sampoiniet. Kegiatan tersebut berlangsung, Kamis (4/11/2021).

Dalam peresmian dan sekaligus serah terima SPALD-T itu, bupati diwakili oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Aceh Jaya, Heri Etika.

Dalam keterangan tertulisnya, Advisori Sanimas wilayah Aceh, Masri, menjelaskan, SPALD-T yang dibangun pihaknya sebanyak dua unit, yakni di Gampong Gle Putoh dan Pulo Raya. Keduanya berada di Kecamatan Sampoiniet.

Serah terima dilakukan dari Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) selaku pelaksana di masing-masing lokasi  kepada pihak Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Aceh, selanjutnya diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya untuk dikelola oleh Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara (KPP).

Sementara itu, Bupati Aceh Jaya dalam sambutannya yang di bacakan Kadis PUPR, berharap desa yang telah terbangun sarana SANIMAS 2021 menjadi desa percontohan bagi desa lainnya dalam mengelola air limbah domestik.

“Saya berharap dua desa yang menjadi penerima manfaat dari Program Sanimas tahun 2021 dapat menjadi percontohan bagi desa lainnya yang rawan sanitasi” kata Heri Etika mengutip sambutan bupati.

Kegiatan peresmian berakhir dengan dilakukannya pengguntingan pita oleh Perwakilan Bupati Aceh Jaya, dan disaksikan oleh PPK Sanitasi Satker Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi Aceh, serta tamu undangan yang berhadir.

Editor : Hendro Saky

Shares: