Brimob Polda Aceh Pantau Aktivitas Gunung Api Burni Telong

REDELONG (popularitas.com) – Komandan Kompi 3 Batalyon B Pelopor Brimob Polda Aceh, Iptu M. Yhsan Satianul Asba mengunjungi Kantor Pengawas Volcano Observatory di Kabupaten Bener Meriah, Senin, 13 Januari 2020 kemarin.

Kunjungan tersebut merupakan bentuk silaturahmi sesama instansi, sekaligus untuk menggali informasi tentang aktivitas gunung berapi Burni Telong yang berada di wilayah Bener Meriah.

Pada kesempatan tersebut, Dansat Brimob Polda Aceh Kombes Pol. Suheru, S.IK, melalui Danki 3 Yon B Pelopor Iptu M. Yhsan S.A. mengatakan pada umumnya aktivitas Gunung Merapi Burni Telong masih dalam status Normal (level 1).

“Burni Telong merupakan gunung berapi berstatus aktif yang berada di lokasi Kampung Kute Kering Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah. Burni Telong berada sekitar 2.600 Mdpl dan berjarak hanya lima kilometer dari Kota Redelong, yang merupakan ibu kota Kabupaten Bener Meriah,” kata Yhsan.

Dia mengatakan, Burni Telong jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia berarti “Gunung Yang Terbakar”. Akan tetapi, kata dia, warga setempat juga menyebut gunung tersebut dengan nama “Burni Cempege”.

“Jika diartikan ke dalam bahasa Gayo adalah Gunung Yang Penuh Dengan Belerang,” ucap Danki seperti dilansir Tribrata News Polda Aceh.

Dia menyebutkan saat ini aktivitas Burni Telong masih dalam status Level 1. Pun demikian, tidak menutup kemungkinan status gunung api tersebut meningkat.

“Untuk itu, maksud dan tujuan silaturahmi ini adalah agar Pihak Kantor Pengawas dengan Brimob Kompi 3 Batalyon B Pelopor lebih meningkatkan kerjasamanya dan juga saling tukar informasi terkait aktivitas Gunung Burni Telong. Supaya apa? Supaya warga yang tinggal di sekitar gunung api dapat kita berikan informasi secepatnya, dan kita lakukan evakuasi sesegera mungkin jika dibutuhkan,” tutup Yhsan.* (TRI/RED)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat